2 Polisi Masih Digarap Propam – Ambon Ekspres
Pilihan Redaktur

2 Polisi Masih Digarap Propam

AMBON,AE.–– penyidik Propam Polda Maluku, sampai saat ini masih terus melakukan penyelidikan guna mengungkap dan menuntaskan kasus dugaan aksi pungutan liar (pungli) yang diduga dilakukan oleh AKP DH, perwira menengah Polres Seram Bagian Timur.

Propam sendiri masih terus mengumpulkan bukti-bukti yang bisa menjerat AKP DH itu. AKP DH sendiri sampai saat ini masih berstatus saksi terlapor dan belum dijadikan sebagai pelaku.

“Saksi yang diperiksa itu itu sekitar 10 atau 11 orang. Dari saksi yang ada hampir sebagian dari keterangan mereka, belum mengarah kepada AKP DH sendiri. Untuk itulah penyidik propam masih kumpulkan bukti dugaan keterlibatan AKP DH sendiri,”jelas sumber koran ini, di Polda kemarin.

Kata sumber, dari kasus itu baru saja ada salah satu oknum anggota Aiptu NS, yang diduga kuat akan terlibat. “Yang baru merucut kesana (terbukti pungli red), Aiptu NS,”katanya.

Sementara itu, Kabid Propam Polda Maluku AKBP Agus Sutrisno mengatakan, propam masih mengumpulkan sejumlah alat bukti untuk memperkuat dugaan keterlibatan AKP DH sendiri dalam kasus dugaan pungli itu.
“Kan azas praduga tidak bersalah. Dan masih dugaan, makanya kita perlu untuk buktikan lagi, dengan mengumpulkan alat bukti, alat bukti yang ada biar jelas,”kata dia.

Agus mengaku, jika berkas perkara AKP DH maupun Aiptu NS, masih dilengkapi untuk selanjutnya akan dibawa ke persidangan. “Berkas sementara dilengkapi dan di buat resume saja, untuk naik ke proses selanjutnya,”jelasnya.

Disinggung soal belum adanya pencopotan AKP DH dari jabatannya selaku Kasat reskrim, Agus mengaku, jika hal itu tergantung putusan dari sidang dsiplin nanti.

“Bagaimana mau dicopot, orang masih kita dalami terus. Kalau terbukti dan sampai pada tahap persidangan, kemudian sudah ada putusan barulah bisa ada tindakan itu. Sekarang kan masih dalam proses,”kuncinya.

Terpisah Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Abner Richard Tatuh menegaskan, polda Maluku sendiri, tidak akan menutup-nutupi kasus dugaan pungli yang dilakukan oleh AKP DH. “Kasus pungli di Seram Bagian Timur, masih terus berjalan. Tidak ada yang menutup-nutupi kasus itu. Akan diusut hingga tuntas,”kata dia di ruang kerja kemarin.

Mantan Kapolres MTB ini, mengaku kasus itu akan terhenti bila sudah selesai prosesnya. “Mana mungkin kasus sudah jalan dihentikan. Dasarnya apa? Tidak akan kita hentikan, kita tetap usut dan buktikan laporan yang ada sesuai dengan hukum yang berlaku,”tegasnya.

Sekadar tahu, aksi Kasat Reskrim Polres Seram Bagian Timur itu terbongkar setelah seorang pengusaha di Bula, SBT, mengeluhkan sikap AKP DH yang Kerap melakukan pungli, sampai pengusaha pun banyak dibikin resah.

Setelah menerima laporan, pihak Propam Polda Maluku, langsung melakukan penyelidikan secara internal guna mengungkap kebenaran dari laporan itu. Tidak hanya melakukan penyelidikan Pihak Polda Maluku, juga langsung membentuk tim guna menuntaskan kasus dugaan pungli yang dilakukan AKP DH.

Tim gabungan dari Propam dan Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Maluku, yang dipimpin salah satu perwira menengah polda itu, kemudian terjun ke Seram Bagian Timur, guna melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, baik dari internal kepolisian maupun dari pihak terlapor dan pelapor sendiri.

Kasus yang menjerat AKP DH ini, hingga kini masih terus berjalan. Dipastikan AKP DH sendiri, akan mendapatkan sanksi tegas, bila nantinya terbukti melakukan tindakan tersebut.(AHA)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!