Dyna Saimima, Wakil Maluku Ke New Zealand – Ambon Ekspres
Pilihan Redaktur

Dyna Saimima, Wakil Maluku Ke New Zealand

AMBON,AE.–– Dyna Dritany Thelma Saimima, mahasiswi Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon akan mewakili Provinsi Maluku tahun 2016, ke New Zealand. Dyna terpilih mewakili Maluku dalam ajang program ‘Zetizen Go To New Zealand’ yang diselenggarakan Jawa Pos.

Dyna akan berangkat ke New Zealand bersama perwakilan 33 Provinsi di Indonesia. Disana, rombongan Zetizen akan berlibur sambil belajar dan mempromosikan potensi daerah masing-masing. Menjadi wakil Maluku, membuat mahasiswi berusia 19 tahun ini memiliki tanggungjawab besar mempromosikan ‘Bumi Raja-Raja’.

Pemerintah Provinsi Maluku menaruh harapan besar bagi Dyna, ketika tampil di New Zealand nantinya. “Jagalah nama baik pribadi, nama baik keluarga, kampung, kecamatan, kabupaten dan Provinsi Maluku ketika di New Zealand. Disana, Anda mempertaruhkan nama baik daerah ini,” pesan Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua saat menerima kunjungan jajaran Direksi Harian Ambon Ekspres bersama Dyna Saimima di ruang kerjanya, Rabu (23/11).

Menurut wagub, program Zetizen Go To New Zealand yang digagas Jawa Pos Group melalui Ambon Ekspres, merupakan sebuah gagasan yang selaras dengan kebijakan pemerintah provinsi Maluku, yakni menyiapkan sumber daya manusia. “Saya memberikan penghormatan kepada Jawa Pos, Ambon Ekspres yang telah melahirkan pemikiran baru, inovatif dalam rangka mendidik generasi muda Maluku,” pujinya.

Dia memuji Ameks dengan terobosan untuk menyiapkan sumber daya manusia Maluku. Apalagi, kata dia, kekayaan alam Maluku yang besar, tentu membutuhkan kesiapan sumber daya manusia, seperti yang telah ditunjukan Jawa Pos melalui Ameks.

Kepada Dyna, wagub menitipkan pesan, ketika berinteraksi dengan para pejabat, investor, masyarakat dan siapapun masyarakat di New Zealand, harus menyampaikan fakta dan keunggulan yang dimiliki Maluku, sebagai daerah yang berciri khas kepulauan dan menyimpan potensi kekayaan alam.

Dalam program dan kebijakan pemprov Maluku periode 2014-2019, pengembangan potensi yang didorong yakni transportasi, potensi perikanan dan kelautan, energy dan sumber daya mineral dan potensi pariwisata. “Sampaikan kondisi Maluku kepada dunia luar, Maluku adalah daerah kepulauan dengan potensi perikanan dan kelautan terbesar. Produksi perikanan Maluku, dalam setahun menghasilkan 3 juta ton, dari 9 juta ton hasil produksi perikanan Indonesia per tahun. Karena itu, Maluku sementara berjuang menjadi daerah lumbung ikan nasional,” sebutnya.

Gubernur Maluku, Said Assagaff yang dimintai tanggapan, memberikan apresiasi atas program Zetizen Go To New Zealand yang digagas Jawa Pos Group. “Saya memberikan apresiasi, terhadap program yang digagas sehingga ada keterwakilan Provinsi Maluku, dan ini menjadi kebanggan kita bersama,”pujinya.

Sementara itu, Direktur Utama Ameks, Mahfud Waliulu mengatakan, keberangkatan Dyna ke New Zealand merupakan salah satu kontribusi Ameks sebagai salah satu perusahaan media dalam menyiapkan generasi muda sekaligus mempromosikan Maluku.

Selama di New Zealand, kata Mahfud, Dyna akan mempromosikan khasanah Maluku dalam berbagai aspek. “Kehadiran kami, untuk menyampaikan,bahwa terpilihnya Dyna Saimima mewakili Maluku sebagai bentuk partisipasi, Ameks menyiapkan SDM dan mempromosikan Maluku ke dunia Internasional,” tuturnya.

kepada koran ini, Dyna mengaku merasa bahagia mewakili Provinsi Maluku ke New Zealand, dan dirinya berjanji akan memberikan terbaik bagi Maluku nantinya.”Saya merasa senang dan bahagia. Tentunya saya akan mempromosikan Maluku ke negara lain, kekayaan Maluku dan kondisi sesungguhnya di Maluku,” tutupnya (SAT)

Most Popular

To Top