Kadis PU Diperiksa – Ambon Ekspres
Amboina

Kadis PU Diperiksa

AMBON,AE.–– Pemerintah Provinsi Maluku kini disoroti dengan beberapa kasus dugaan korupsi yang melilit di beberapa dinas. Sebut saja Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Infokom, Dishub, Dinas PU hingga Dinas ESDM Maluku yang diduga terjadi peristiwa tindak pidana.

Bahkan, ada Kepala Dinas yang telah dijadikan tersangka, dalam kasus tertentu. Tidak hanya tersangka, ada juga mantan Kepala dinas yang telah divonis bersalah dan menjalani hukuman.

Kamis kemarin, giliran Kadis PU Maluku, Ismail Usemahu hadir memenuhi panggilan penyelidik Kejati Maluku. Ia diperiksa terkait skandal dugaan korupsi penataan kawasan tambang emas Gunung Botak, Kabupaten Buru.

Pantauan koran ini, Ismail Usemahu tiba di kantor Kejati Maluku pukul 12.00. Dia langsung menuju lantai II untuk menjalani pemeriksaan. Namun pemeriksaan terhadap Usemahu tidak berlangsung lama, karena Pemeriksaannya berakhir pukul 14.00 dengan hanya beberapa pertanyaan.

Usai pemeriksaan, Usemahu yang mengenakan kemeja batik berwarna merah dan celana panjang hitam sambil memegang satu buah buku, langsung berjalan keluar kantor Kejaksaan. Beberapa awak media yang hendak mewawancarai orang nomor satu di PU Maluku itupun dihiraukannya.

Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulette mengatakan, pemeriksaan terhadap Kadis PU Maluku, Ismail Usemahu, masih seputar tender proyek yang dimenangkan oleh PT. Cita Cipta Pratama(CCP) dalam melakukan melakukan normalisasi sungai Anhony, Kabupaten Buru.
Menurut Sapulette, pemeriksaan terhadap Kadis PU tentu ada kaitannya dengan kasus Gunung Botak yang selama ini diusut oleh Kejati Maluku. Baik terkait dugaan gratifikasi, maupun yang ada kaitannya dengan Dinas PU.

“Yang pasti pemeriksaan terhadap Kadis PU tentu ada kaitannya dengan kasus Gunung Botak. Karena kasusnya ada dua, yakni ESDM dengan PT.BPS, kemudian PU dengan PT.CCP. Sehingga dua-duanya berjalan, “jelasnya.
Menyoal apakah ada kemungkinan Usemahu bakal dipanggil lagi, juru bicara Kejati Maluku itu belum dapat memastikannya. Tetapi, lanjutnya, jika tim penyelidik merasa perlu maka keterangan dari Usemahu akan digali lagi tergantung kebutuhan jaksa.

“Nanti dilihat lagi. Kalau masih dibutuhkan, tentu penyelidik akan panggil lagi, “ujarnya.
Kapan agenda pemeriksaan terhadap Kadis ESDM Martha Nanlohy dijadwalkan? mantan Kasidik Kejati Maluku itu menyatakan jika jadwal panggilan terhadap Nanlohy akan ditentukan oleh tim penyelidik. Selain itu, Sapulette juga memastikan, Nanlohy tetap akan dipanggil dan Kejaksaan tidak tebang pilih dalam melakukan penegakkan hukum terkait kasus Gunung Botak.

“Kadis ESDM Maluku, Martha Nanlohy tetap akan dipanggil. Kan yang lain sudah, jadi tentu saja Nanlohy juga tetap dipanggil, “tegasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasidik Kejati Maluku, Ledrik Takandengan, yang memastikan akan memanggil Martha Nanlohy dalam waktu dekat.
“Dalam waktu dekat kita akan panggil. Nanti kita sesuaikan jadwal dulu, “tandasnya. (AFI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!