Mantan Kabag Umum SBT DPO – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Mantan Kabag Umum SBT DPO

Masohi,AE––Kejaksaan Negeri Masohi resmi menetapkan dua tersangka dalam kasus korupsi Bagian Umum Setda Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) tahun 2015. Adalah SA dan MT.

“Penetapan status tersangka kami lakukan tadi usai expose penetapan tersangka dugaan tindak tidana korupsi (Tipikor) pada bagian Umum Sekretariat daerah Kabupaten SBT tahun anggaran 2015,” tandas Kepala Kejaksaan Negeri Maluku Tengah Robinson Sitorus, melalui Kasi Pidsus Manatap Sinaga, Kamis (8/12).

SA adalah mantan Kepala bagian Umum Setda Kabupaten SBT sedangkan MT merupakan kontraktor lokal sekaligus sebagai direktur CV Zibril.

“SA dan MT ditetapkan sebagai tersangka karena dinilai merupakan pihak yang paling bertanggung jawab yang mengakibatkan terjadinya tindak pidana korupsi dalam kasus ini,” tandas Sinaga.

“Korupai terjadi dalam proyek pengadaan baju PDH, baju Korpri, pakaian olahraga, dan pengadaan barang 4 item fiktif di bagian umum Setda Kabupaten SBT tahun anggaran 2015.” rinci Sinaga.

Sekadar tahu, penetapan tersangka dalam kasus ini merupakan tindak lanjut dari Surat Perintah Penyidikan (Sprindik), tertanggal 20 Oktober 2016. Kerugian negara dalam kasus ini ditaksir mencapai Rp.853 juta. Kedua tersangka dijerat pasal berlapis dengan hukuman 1 sampai 5 tahun kurungan.

“Soal nominal pasti kerugian negara, kita akan minta BPKP melakukan audit. SA kena pasal 2, 3 dan 9 UU Tipikor dengan ancaman Penjara 1 sampai 5 tahun. Sedangkan MT dikenakan pasal 2, 5, 7 dan 9 Dengan ancaman hukuman yang sama yakni 1 sampai 5 tahun,” kata Sinaga.

SA saat ini berstatus DPO. ini setelah dalam tahap penyelidikan hingga penyidikan, SA tidak kooperatif. SA juga diketahui sudah tidak berada di Maluku. Sejak kasus ini bergulir di kejari Masohi. Berbeda dengan MT yang selalu bersikap kooperatif.

“Kita akan terbitkan surat DPO kepada SA. Bila terdeteksi keberadaannya, akan langsung kita tangkap untuk kepentingan penyidikan. Keterangan SA sanhat penting dan memungkinkan munculnya tersangka lain dalam kasua ini,” tutup Sinaga. (MYX)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!