Sepanggung PANTAS – PAPARISSA BARU SIAP BERDEBAT – Ambon Ekspres
Pilihan Redaktur

Sepanggung PANTAS – PAPARISSA BARU SIAP BERDEBAT

AMBON,AE.—Tahapan pemilihan Walikota dan wakil Walikota Ambon sudah sampai pada debat kandidat. Kedua pasangan calon, Richard Louhenapessy-Syarif Hadler dan Paulus Kastanya-Muhammad Armin Syarif Latuconsina, siap beradu argumen dalam debat, besok.

Sekretaris tim pemenangan pasangan PAPARISSA BARU, Reza Bahawerez mengatakan, Richard dan Syarif sudah siap mengikuti debat kandidat. Baik sisi visi, misi dan program maupun penampilan di arena debat. “Pasangan kami sudah sangat siap dari semua aspek menghadapi debat nanti,”ungkap Reza ketika dihubungi via seluler, Rabu (7/12).

“Menurut Reza, debat kandidat bukan sekadar corong untuk beradu argumentasi. Tetapi lebih penting daripada itu, untuk mencari solusi bagi pembangunan kota Ambon lima tahun ke depan lewat visi, misi dan program yang telah ditetapkan.

“”Debat ini nantinya melahirkan solusi untuk Ambon ke depan. Masing-masing programnya. Jadi bukan arena untuk sekadar beradu argumen,”kata kader PPP kota Ambon.

Dikatakan, pasangan PAPARISSA BARU telah menetapkan visi, misi dan program. Apabila dalam debat, ada masukkan konstruktif, akan ditampung untuk ditindaklanjuti oleh tim maupun paslon.
Kalaupun ada masukkan yang positif, maka itu menjadi sebuah masukkan kepada tim dan pasangan PAPARISSA BARU untuk membenahi kota Ambon ke depan,”tandasnya.

Sementara itu, tim pemenangan pasangan PANTAS, Fadli Mastail juga mengaku, PANTAS sudah menyiapkan diri secara matang untuk berdebat dengan PAPARISSA BARU.”Saya kira, pak Poli dan pak Sam sudah siap berdebat soal visi, misi dan program saat debat kandidat nanti, ”kata Fadli.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Ambon sangat yakin, melalui debat tersebut, pemilih kota Ambon akan mengetahui secara langsung atau melalui media massa soal kemampuan pasangan PANTAS.

Kan tidak ada penilaian dari KPU atau panelis debat, soal pasangan mana dapat angka berapa. Tetapi, melalui debat itu, masyarakat juga bisa menilai, siapa yang terbaik dan pantas untuk dipilih. Dan saya kira, PANTAS punya kemampuan itu,”tandasnya.

Juru bicara Tim Pemenangan PANTAS, Decky Mailoa menambahkan, Poli dan Sam sudah tentu siap untuk berdebat mengenai visi, misi dan program. Menurut dia, masyarakat kota sudah mengetahui baik dan benar program pasangan PANTAS.

“Rakyat kota Ambon tahu, bahwa sebagaimana telah disampaikan dalam kampanye-kampanye PANTAS sampai saat ini pasangan Poli-Sam memiliki visi, misi dan program yang jelas, yakni pro rakyat dan pro lingkungan,”ungkap Mailoa.

Seperti diberitakan, PANTAS memiliki lima program Pro Rakyat, yakni lapangan kerja yang luas, kesehatan dan pendidikan yang berkualitas, harga kebutuhan pokok yang terjangkau, pasar dan terminal yang layak serta penyediaan lingkungan hidup yang berkualitas.

Program perluasan lapangan kerja yang terdiri dari lima poin, yaitu peningkatan investasi bidang perdagangan dan jasa yang mencakup Pemilik Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Pemilik Modal Asing (PMA), optimalisasi layanan prima perizinan cukup 4 hari, Pelatihan 5.000 tenaga kerja berbasis ekonomi kreatif lokal, pengembangan ekonomi kreatif dan industri kreatif, dan peningkatan kapasitas 500 home industri berbasis bahari.

Sementara kesehatan dan pendidikan yang berkualitas, terdiri dari 12 poin, diantaranya layanan prima Puskesmas 24 jam per kecamatan (Senin-Minggu), Layanan kesehatan reproduksi gratis di semua Puskesmas, Layanan Visum et Repertum Gratis bagi korban KDRT, Layanan medical Check-Up di setiap Puskesmas, layanan rawat inap di setiap puskesmas, pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Ambon, pemeretaan dan distribusi guru berdaarkan kompetensi, penigkatan hubungan pela damai antar institusi pendidikan, kurikulum pendidikan Orang Basudara yang multikultur, peningkatan kompertensi guru, penyediaan beasiswa prestasi bagi 1.000 siswa dan mahasiswa dan dukungan peningkatan kapasitas bagi SMTPI, TPA, dan SEKAMI.

Dalam mengupayakan harga kebutuhan pokok yang terjangkau, PANTAS akan melakukan operasi pasar secara rutin dan terpadu, mengendalikan sistem rantai pasok kebutuhan pokok yang kreatif dan efisien, dan pengendalian jaringan dan mata rantai pemasaran yang panjang.

Sedangkan, untuk program pasar dan terminal, akan dilakukan revitalisasi dan optimalisasi pasar tradisional di wilayah kecamatan, revitalisasi fasilitas pasar Mardika dan Pasar Batu Merah menjadi pasar tradusional bercirikan modern, menata kembali sistem operasional pasar, menata mengelola terminal sesuai fungsinya.

Sementara program penyediaan lingkungan hidup yang berkualitas, akan digalakkan dengan penataan dan pengembangan ruang yang terdiri atas pengembangan Satuan Wilayah Pembangunan (SWP) dan pembenahan 15 kawasan kumuh. Kemudian, penataan kembali lokasi akibat bencana alam dan pengendalian wilayah resapan air, revitalisasi dan pengambalian fungsi sungai dan kali.

Sedangkan, sub program kebersihan lingkungan privat Dan publik meliputi, kota ramah anak dan perempuan serta gerakan budaya kalesang dan sadar Ambon bersih Berkelanjutan (setiap minggu). Dan sub program pengembangan lingkungan sosial budaya dengan menyediakan fasilitas teknologi informasi publikserta (diantaranya jaringan Wifi gratis) dan pusat pengelolaan multikultural.

PANTAS optimis, lima program unggulan itu dapat direalisasikan jika mereka terpilih. Ini karena PANTAS didukung oleh sembilah partai dengan 25 kursi dari jumlah 35 kursi DPRD kota Ambon.
“Dengan dukungan politik yang dominan dan anggaran (APBD) sekitar 1,1 Triliun, maka kita pastikan, program pro rakyat tersbut bisa direalisasikan oleh PANTAS,”kata sekretaris Tim Pemenangan pasangan PANTAS, Phill Latumaerissa.

Harmonis dan Sejahtera
Dokumen yang didapatkan dari tim, pasangan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler (PAPARISSA BARU) maju dengan visi besar, menciptakan Ambon yang harmonis, sejahtera dan religius.

Terjabarkan dalam empat poin yang menjadi kebijakan pembangunan Ambon ke depan, yaitu memperkuat dan mempererat harmonisasi sosial, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), memberdayakan ekonomi keluarga dan masyarakat menujukemandirian yang kreatif berbasis sumberdaya alam yang tersedia dan meningkatkan nilai-nilai spiritualitas masyarakat.

Dari situ, muncul Tagline (label) Ambon Untuk Semua, Terus Benahi Ambon. Ambon Untuk Semua mengandung pengertian bahwa sebagai Pusat Pemerintahan dan Ibu Kota Provinsi Maluku, kota transit ekonomi dan bisnis, Kota Ambon harus dibangun dengan rasa toleransi yang tinggi antar seluruh komponen masyarakat, memiliki solidaritas yang tinggi antar sesama warga Kota Ambon, serta pengembangan kota ditujukan bagi semua anak Indonesia yang berdomisili di Kota Ambon.

Dua Tema
Ketua Devisi Hukum KPU Kota Ambon, M. Shadek Fuad kepada Ambon Ekspres Via Seluler, Kamis (8/12) mengatakan, debat kandidat Calwakot dengan dua tema, yakni Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Perkokoh NKRI dan Kebangsaan. Debat akan berlangsung di Gedung Siwalima, Karang Panjang, 10 Desember 2016 dan awal Januari 2017.

Debat kandidat dibagi dalam lima segmen. Pemaparan atau penyampaian visi, misi dan program, pertanyaan dari moderator, pendalaman dari moderator/panelis dan tanya jawab pasangan calon.

“Jadi dalam debat ini, apa yang disampaikan pasangan calon terkait dengan tema yang berkaitan dengan visi misinya, serta program kerjanya. Semuanya akan dicatat dan dibedah kembali untuk dijadikan pertanyaan, yang bisa saja disampaikan lewat moderator, ataukah dari kedu pasangan ini yang akan melakukan tanya jawab menyangkut dengan visi dan misi mereka,” jelasnya.

Seperti diberitakan Ambon Ekspres, Kamis (8/12), KPU dan pasangan calon telah bersepakat membatasi peserta debat. Hanya 50 orang untuk masing-masing pasangan calon.(TAB/MG2)

Most Popular

To Top