Hasil Lelang Jabatan Tuntas – Ambon Ekspres
Amboina

Hasil Lelang Jabatan Tuntas

Ambon,AE.–– Perombakan Birokrasi di pemerintah Provinsi Maluku dalam waktu dekat dilakukan. Ini setalah hasil Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) 13 jabatan eselon II yang diikuti 45 pejabat lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, telah dinyatakan siap.

Kepala Bagian humas Setda Maluku, Bobby Kin Palapia menjelaskan, panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (PJPT) telah siap melapor ke Gubernur Maluku Said Assagaff sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam waktu dekat.

Saat ini, tim panitia seleksi (pansel) telah selesai melakukan evaluasi, dan sementara dirampungkan untuk nantinya diserahkan kepada PPK. “Sudah selesai di evaluasi, tinggal dirampungkan saja. Pansel sementara menyusun hasilnya, dan akan disampaikan kepada Gubernur sebagai PPK melalui Sekda Maluku,” kata Palapia, kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin siang kemarin.

Menurutnya, dari 45 pejabat yang mengikuti seleksi hanya ada, 4 orang yang dinyatakan gugur oleh pansel. Terdapat satu peserta yang tidak ada pemberitahuan dan tidak mengikuti seleksi dari awal, ada 3 peserta lainnya yang tidak mengikuti presentasi dan wawancara.

BACA JUGA:  Polisi Ringkus Dua Pelaku Asusila

“Dari 45 peserta yang lolos seleksi ada 41 orang, yang tidak ikut ada 4 orang dan dinyatakan gugur. Dikarenakan, 1 orang tidak ada pemberitahuan dari awal dan tiga orang tidak ikut sesi presentasi dan wawancara,” jelasnya.

Dia mencontohkan, waktu seleksi yang ditunda tiga hari dan waktu seleksi yang ditambah menjadi 3 hari seleksi, namun pansel tetap bekerja cepat, sehingga dipastikan setelah gubernur kembali dari tugas di luar daerah, laporan hasil seleksi tersebut sudah diserahkan.

“Memang kami juga merasa bersyukur karena pansel sendiri, telah bekerja secara maksimal untuk menyelekse calon pimpinan SKPD itu. Dan setelah pak gub kembali sudah dilaporkan,”tuturnya.

Disinggung soal siapa saja dari 41 satu orang itu yang bakal memperebutkan 13 jabatan, dia mengaku belum mengetahui secara pasti. “Memang seperti yang sudah dikatakan lebih awal dari 45 orang 4 dinyatakan tidak lolos berarti tingal 41 orang. Nah dari 41 orang itu, saya sendiri juga belum menerima informasi resmi berapa yang tidak lolos,”ternagnya.

BACA JUGA:  Proyek Air Bersih Wailulu Mubasir

Hingga kini pansel masih merahasiakan hal tersebut. Dan belum bisa disampaikan secara terbuka karena itu merupakan laporan bagi pimpinan. “Prinsipnya kita tidak akan menutup-nutupi hal itu (hasil seleksi red), hanya saja saya sendiri tidak diberitahu,”tandasnya.

Terpisah, Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Maluku, kembali mengingatkan gubernur untuk tidak asal mengangkat pimpinan SKPD, terlebih yang sesuai dengan bidang kerja maupun yang bakal berurusan dengan hukum.

“Kami hanya ingatkan pak gub (Gubernur red), agar ketika nantinya mengangkat pejabat, harus benar-benar orang yang mau bekerja. Dan tidak lagi berurusan dengan hukum. Ini penting demi citra pemerintahan dibawa kepemimpinan pak Bib (Gubernur) dan pak Zeth (wagub), yang bersih dan profesional, “singkat Yan Sariwating, Ketua LIRA Maluku, kepada koran ini tadi malam.(AHA)

Most Popular

To Top