Sirimau-Nusaniwe Jadi Penentu – Ambon Ekspres
Politik

Sirimau-Nusaniwe Jadi Penentu

AMBON,AE.—Sirimau dan Nusaniwe menjadi target calon Wali kota dan wakil Wali kota. Sebab, dua wilayah ini memiliki jumlah pemilih terbanyak. Saat ini, tim pasangan Paulus Kastanya-Muhamamd Armin Syarif Latuconina dan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler ‘berperang’ di dua kecamatan penentu kemenangan itu.

Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Ambon menyebutkan, Daftar Pemiliih Tetap (DPT) pemilihan wali kota dan wakil wali kota Ambon 2017 sebanyak 237.627. Sirimau merupakan kecamatan dengan jumlah pemilih terbanyak, 104,846 orang. Disusul Nusaniwe 64.694 pemilih, Baguala 34.895, Teluk Ambon 28.471 dan Leitimur Selatan 6.353.

Jumlah pemilih Sirimau dan Nusaniwe disatukan menjadi 169,540. Bedah jauh, jika dibandingan dengan jumlah pemilih tiga kecamatan lainnya yang hanya 69,719. Menang diatas 50 persen di Sirimau dan Nusaniwe, itu berarti berpeluang menang pilwakot.

Karena itu, tim kedua pasangan calon menggiatkan kampanye dan kerja-kerja pemenangan lainnya di Sirimau dan Nusaniwe. Sembari menguatkan peluang di tiga daerah lainnya.

“Kita punya fokus ke basis-basis besar. Terutama Sirimau, Nusaniwe, Baguala dna Teluk Ambon. Karena Leitimur Selatan, relatif kita sudah baik. Kalau kita menang di dua kecamatan ini (Sirimau dan Nusaniwe) plus Baguala, saya kira kita akan unggul. Karena pemilih terbesar ada di Sirimau,” ungkap Sekretaris tim pemenangan pasangan Kastanya-Muhammad Armin Syarif Latuconsina dengan akronim PANTAS di Rumah PANTAS, Batu Gajah, Senin (9/1).

Tim PANTAS telah bekerja, jauh sebelum jadwal resmi dimulai. Ini merupakan bagian dari strategi untuk mencapai target menang di kantong-kantong besar suara. Hingga kemarin, sudah sekitar 70 titik yang disambingi PANTAS untuk menggelar kampanye tatap muka dan bentuk kampanye lainnya.

Memasuki tahapan ketiga kampanye atau bulan Januari ini, kata Phill, PANTAS sudah turun di enam lokasi. Yakni Waiheru BTN, Waiheru Dalam dan di Air Besar Waitetu, Jumat (6/1) dan makan Patita di Silale, kampanye di Penogeoro atas dan Batu Merah Ongko Liong, Minggu (8/1).

Hasil kampanye tahap satu dua, menunjukkan tren elektabilitas yang terus naik. Bahkan, tim PANTAS sudah membuat peta block kekuatan yang menjadi arah kerja-kerja pemenangan.

“Kita on the track. Saya kira semua yang kita lakukan tidak ada tren yang menurun. Naik terus. Karena itu, kita optimis tanggal 15 itu kita akan menang Pilwakot. Kita sudah bikin pemetaan. Dari seluruh desa/kelurahan kita sudah punya peta block. Cuman memang itu menjadi rahasia strategi pemenangan,”jelasnya.

Meski melonjak, PANTAS tetap memaksimalkan potensi dan kekuatan yang ada di 30 hari efektif kampanye. Kekuatan itu bertumpuh pada koalisi 9 partai politik, relawan dan kelompok non partai.

Dari partai koalisi, PANTAS tidak hanya mengandalkan infrastruktur. Tapi juga 25 anggota DPRD Kota Ambon dan sejumlah anggota DPRD Provinsi yang partainya mengusung PANTAS untuk menggalang kekuatan basis mereka, serta mantan calon anggota legislatif 2014 lalu.

“Partai koalisi itu dikendalikan oleh tim koalisi, Relawan dipimpin oleh Deky Mailo dan Non partai dikomandai oleh Lucky Wattimury dan seluruh manajemen kampanye dan evaluasi dikoordinir langsung oleh ketua DPD Partai Gerindra Maluku, Hendrik Lewerissa, ”paparnya.

Selain itu, lanjut dia, PANTAS juga mendapat kekuatan politik dari Pertai Persatuan Pembangunan (PPP) kota Ambon kubu Djan Faridz. Ketuanya, Zulkifli Fakaubun dan pengurus terlibat dalam kampanye di Ongko Liong.
Direncanakan, tanggal 14 Januari nanti, PANTAS akan menggelar kampanye kreatif di lapangan merdeka dengan kegiatan goyang PANTAS dan Goyang Tobelo. Itu untuk menyasar segmen pemilih yang suka dengan hal-hal kreatif.

Dari hasil sementara yang dicapai saat ini dan prospek pertambahan dukungan dalam satu bulan terakhir, PANTAS optimis bisa menang di Sirimau dan Nusaniwe.”Kantong-kantong besar, kita sangat optimis menang, karena seluruh pergerakan kita sudah kita deteksi,”pungkasnya.

Target Yang Sama
Pasangan PAPARISSA BARU juga menargetkan kemenangan di Sirimau dan Nusaniwe. Terdapat beberapa alasan dibalik optimis kemenangan, diantaranya hasil survei dan kedekatan kedua pasangan calon dengan pemilih.

Tim Pemenangan pasangan PAPARISSA BARU, Mahmud Tuasikal mengatakan, Dari lima kecamatan, PAPARISSA BARU berpeluang menang di Sirimau dan Nusaniwe. Alasannya, Syarif Hadler, calon wakil wali kota itu masih diterima oleh masyarakat dan pemilih. Begitu pula Richard yang notabane mantan Wali kota Ambon.

Kemudian, kampanye dan silaturahmi pasangan PAPARISSA BARU dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan di dua wilayah tersebut yang cukup mempengaruhi pilihan politik pemilih. Selain itu, Sirimau dan Nusaniwe juga merupakan basis partai Golkar dan PPP.(TAB)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!