Kasus Tanah di Tangan Jaksa – Ambon Ekspres
Amboina

Kasus Tanah di Tangan Jaksa

AMBON, AE.–– Kejaksaan Negeri Ambon memastikan kasus dugaan pengrusakan dan penyerobotan batas tanah antara Tan Harman Tanaya dan Hotel Sumber Asia, sudah selesai. Kasus ini akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Ambon. Soal belum diperiksa Tanaya sebagai tersangka, itu kewenangan penyidik polisi.

Kasi Pidana Umum, Kejaksaan Negeri Ambon Syahrul Anwar megatakan, mereka hanya meneliti apakah berkas perkara dan hasil pemeriksaan sudah lengkap atau tidak. “Kalau tanyakan pemeriksaan itu urusan penyidik. Pada prinsipnya apabila berkas perkara tersebut sudah lengkap, maka saya nyatakan P21,” kata dia.

Dalam penegakan hukum, kata dia, ada sistim peradilan terpadu antara polisi jaksa dan pengadilan, yang bersifat koordinasi. Kata dia, sepanjang belum penyerahan tersangka dan barang bukti dari penyidik kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU), akan tetap melakukan koordinasi dengan penyidik kepolisian untuk melengkapi kekurangan-kekurangan itu.

Anwar menegaskan, jika pihak tersangka menilai langkah penegakan hukum dalam kasus tersebut tidak sesuai, silakan untuk mengambil langkah lain. “Yang pasti kalau itu dipertanyakan, silakan ajukan upaya hukum. Kan jalurnya ada. Kalau pun tidak ada (langkah hukum red), maka pembuktiannya nanti dipersidangan apakah kasus ini cacat formal atau tidak,” tegas dia.

BACA JUGA:  2 Mega Proyek Terhadang Lahan

Sebelumnya Kasat Reskrim Polres Pulau Ambon dan Pp.Lease AKP Teddy mengatakan, Tan Harman Tanaya dituduh atas dua unsur objek tindak pidana.” Dari hasil penyidikan dua unsur ini pengrusakan dan penyerobotan terbukti, sehingga di tetapkan sebagai tersangka. Dua-duanya dijalankan satu kali, jadi kita tidak proses terpisah kita kasih naik sekaligus,” ujar Teddy di ruangan kerjanya, Senin (9/1).(AHA)

Click to comment

Most Popular

To Top