DPRD Terima SK PAW Husen Toisuta – Ambon Ekspres
Politik

DPRD Terima SK PAW Husen Toisuta

AMBON, AE.––Surat Keputusan (SK) Pergantian Antar Waktu (PAW) Almarhum Husen Toisuta yang resmi digantikan oleh Margaretha Siahay, telah diterima Sekretariat Dewan (Setwan) kota Ambon. SK dengan nomor 403 tahun 2016 telah disahkan oleh Gubernur Maluku Said Assagaff,dan diteruskan ke DPRD lewat Walikota untuk dilakukan paripurna penetapan.

“Jadi hari ini (kemarin) lewat Sekretariat DPRD Ambon, kita telah menerima SK dari Gubernur Maluku nomor 403 tahun 2016 tertangggal 16 Desember 2016. Tentang peresmian, pemberhentian pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD masa jabtan 2014-2019 dan peresmian pengangkatan PAW anggota DPRD Ambon sisa masa jabatan 2014-2019 atas nama Margaretha Siahay asal Partai Golkar menggantikan Almarhum Hi. Husen Toisuta,” tandas Sekretaris DPRD Ambon, Elkyopas Silooy kepada Ambon Ekspres di ruangannya, Kamis (12/1).

Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Ambon telah melakukan rapat untuk menentukan seluruh agenda DPRD di tahun 2017. Salah satu agenda tersebut adalah dtelah menyetujui proses pelantikan PAW. Namun, dia belum memastikan waktunya. Karena nantinya akan disesuaikan dengan berbagai kesiapan untuk proses PAW nanti.

“Tadi kan (kemarin) Bamus DPRD Ambon telah rapat. Dan salah satu agenda yang telah disetujui adalah pelantikan PAW. Sementara soal waktunya, nantinya akan disesuaikan. Karena ada beberapa hal yang harus diurus beliau (Margaretha Siahay), terkait kelengkapan untuk pelaksanaan PAW. Seperti PIN DPRD dan sebagainya. Jadi bisa di akhir Januari atau di awal Februari mendatang,” terangnya.

Ketua Fraksi Golkar kota Ambon, Markus Pattiapon mengatakan, setelah disahkan, langsung dikirimkan ke pemerintah kota untuk dilanjutkan ke DPRD Ambon.

“Gubernur Maluku telah sampaikan SK ke penjabat walikota untuk dilanjutkan ke DPRD. Dan tadi rapat Bamus telah putuskan paling lambat dalam bulan ini PAW bisa dilaksanakan. Dan paling terlambat di awal bulan depan,” tutur Pattiapon.

Disinggung soal posisi wakil ketua DPRD Ambon, Anggota komisi II DPRD Ambon ini belum mau berbicara banyak soal posisi tersebut. Namun dirinya hanya menjelaskan, jika nantinya telah dilakukan paripurna PAW, maka posisi wakil ketua DPRD akan tetap mengalami kekosongan. Dan setelah diturunkan SK untuk posisi tersebut, barulah akan dilakukan pelantikan.

“Jadi setelah ibu Margaretha dilantik lewat PAW sebagai anggota DPRD Ambon, posisi wakil ketua masih tetap kosong. Setelah itu, baru kemudian akan disesuaikan lagi,” singkatnya.

Sekedar tahu, Almarhum Hi Husen Toisuta telah tutup usia sekitar akhir Juni 2016 lalu. Setelah itu, kursi wakil ketua DPRD Ambon mengalami kekosongan hingga saat ini. Dan sesuai ketentuan, Margaretha Siahay yang ditunjuk untuk menggantikan Almarhum Toisuta lewat PAW.

Karena merupakan calon legislatif (caleg) suara terbanyak kedua setelah Almarhum Toisuta pada pemilihan legislatif (Pileg) 2014 lalu. Dan dari daerah pemilihan (Dapil) yang sama yakni Sirimau II. (ISL)

Most Popular

To Top