Kamis-Jumat Birokrasi Dirombak Total – Ambon Ekspres
Amboina

Kamis-Jumat Birokrasi Dirombak Total

AMBON,AE.–– Gubernur Said Assagaff memastikan pekan depan akan melantik sejumlah pejabat untuk menduduki jabatan baru di Pemerintah Provinsi Maluku. Langkah ini sebagai wujud perbaikan dan penataan birokrasi untuk meningkatkan pelayanan publik.

Gubernur juga telah menerima laporan hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemerintah provinsi Maluku, terhadap sejumlah jabatan eselon dua yang telah dilelang dan telah memenuhi tahap akhir itu.

Jabatan esalon dua yang dilelang itu diantaranya, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Maluku, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Biro Umum Setda Maluku, Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda Maluku, Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Layanan Pengadaan Barang/Jasa, Kepala Biro Organisasi, Kepala Biro Perekonomian Daerah, dan Kepala Biro Pengelola Perbatasan Negara.

Informasi yang diperoleh koran ini di kantor Gubernur Maluku, menyebutkan ada sejumlah nama yang akan menduduki jabatan-jabatan esalon dua itu.Mereka diantaranya, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Maluku, akan diduduki oleh Kasrul Sellang, Kepala Biro Umum Setda Maluku, Hadi Sulaiman, Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda Maluku, Jasmono, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Anton Lailossa, dan Kepala Biro Organisasi, Titus Renwarin, serta Kepala Biro Pengelola Perbatasan Negara, A.A Kotahatuhaha.

Sementara jabatan Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Layanan Pengadaan Barang/Jasa, berpeluang ditempati oleh Jalaluddin Salampessy. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, dan Kepala Biro Perekonomian Daerah, hingga kini belum diketahui secara pasti.

Gubernur sendiri tidak mau mengomentari perombakan lebih jauh. Karena perombakan terjadi hampir diseluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), baik esalon dua maupun esalon tiga dan empat.

“Tadi saya (gubernur red), sudah bicara sama pak Sekda. Insha Allah, Kamis dan Jumat depan, sudah kita lakukan perombakan itu (Birokrasi red). Hampir 1000 orang itu dan ini pergantian besar-besaran, kira gampang itu,” kata Assagaff kepada koran ini, usai pelaksanaan sholat Jumat, dipelataran mesjid Raya Al Fatah Ambon, (13/1).

Menurut Assagaff, perombakan birokrasi itu dipastikan akan berlangsung pekan depan dan itu tidak lagi terjadi penundaan. “Tidak ada tunda lagi, Kamis dan Jumat depan itu sudah kita eksekusi,”tegasnya.

Disinggung soal siapa saja yang dipastikan akan bergeser, dia meminta untuk segera konfirmasi langsung kepada Sekda Maluku, Hamin Bin Tahir. Sayangnya sekda yang hendak dicegat memilih tidak mau berbicara. “Nanti saja, saat pelantikan,” singkat sekda.

Terpisah Kepala Bagian Humas Setda Provinsi Maluku, Bobby Kin Palapia, yang dimintai keterangan terkait pimpinan SKPD yang kini tengah berurusan dengan hukum, apakah masuk dalam mutasi tersebut, menegaskan hal itu merupakan kewenangan pimpinan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Sekali lagi saya tegaskan ini kan masih bersifat dugaan dan tersangka. Terdakwa-pun belum tentu itu bersalah, kok bagaimana mau diganti. Soal ganti atau tidak itu kewenangan pimpinan sesuai dengan mekanisme maupun aturan yang ada,” kata dia di kantor gubernur Maluku, sore kemarin.

Masyarakat, kata dia, tidak perlu memprsoalkan hal-hal yang tidak dianggap penting itu. “Mari kita hargai kerja dari panitia seleksi JPTP itu, kemudian apapun yang menjadi keputusan pimpinan semua itu untuk kebaikan dan kemajuan daerah kita. Yang penting adalah mereka-mereka yang akan menduduki jabatan-jabatan tersebut, adalah mereka yang siap bekerja,”pungkasnya.(AHA)

Most Popular

To Top