Pekerja Asing Illegal Serbu Serut – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pekerja Asing Illegal Serbu Serut

MASOHI,AE.–– Ketua komisi II DPRD kabupaten Maluku Tengah, Hudawi Pawae mendesak pemerintah meninjau keberadaan tenaga kerja berkewarganegaraan asing (WNA) yang diduga illegal di kecamatan Seram Utara.

Politisi Partai Amanat Nasional(PAN) ini mengatakan, pemerintah dalam hal ini, Dinas Tenaga Kerja segera berkoordinasi dengan pihak imigrasi untuk memantau dan memeriksa dokumen WNA di wilayah berjuluk Mae Hanu Nusa itu.

Pawae mengungkapkan, para pekerja asing tersebut merupakan bekas anak buah kapal (ABK). Mereka masuk ke wilayah Seram Utara akibat kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dan berada dalam pengawasan perusahan yang beroperasi di wilayah setempat.

“Lebih dari 20 orang WNA yang ditampung pihak tertentu di Seram Utara, pemerintah segara mengambil langkah memeriksa dokumen mereka,” desaknya dalam rapat paripurna penutupan masa sidang III tahun 2016 dan pembukaan masa sidang I tahun 2017, Senin,(16/1).

Keberadaan mereka saat ini sangat meresahkan masyarakat lokal. Dimana, sebagian dari para pekerja tersebut teridentifikasi tengah menderita penyakit berbahaya. “Desak aparat kepolisian, pemerintah secepatnya mengambil langkah, menjadi pertanyaan besar bagi warga disana,” katanya.

Umumnya kata dia mereka mempunyai keahlian di bidang perikanan. Karenanya, mereka saat ini sedang dalam rehabilitasi pihak perusahaan. Kedepan, keberadaan mereka berpotensi meniadakan para pekerja lokal.

“Ini isu nasional, sehingga kami minta pak Kapolres, Dandim secepatnya meninjau persoalan ini,” desaknya kepada Kapolres dan Dandim yang hadir dalam paripurna.

Pawae menambahkan, Seram Utara merupakan daerah terbuka plus minimnya pengawasan pihak terkait sehingga memudahkan warga asing keluar masuk tanpa dokumen yang jelas. “Komisi II akan terun lagi mengecek tempat-tempat rehabilitasi para pekerja asing, soal jadwal itu rahasia,” tutupnya. (ANC)

Most Popular

To Top