YAKIN Aman, INA AMA-RODAL Saling Kejar – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

YAKIN Aman, INA AMA-RODAL Saling Kejar

AMBON, AE––Dukungan politik pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Seram Bagian Barat (SBB) sudah mengecurut. Pasangan Yasin Payapo-Timotius diklaim telah berada di posisi aman. Sementara Samson Attapary-Suhfi Majid dan Semuel Puttileihalat-Amirudin saling kejar.

Direktur RESCO, Jais Patty mengatakan, memang sampai sekarang belum ada survei terbaru. Namun, sesuai survei salah satu lembaga survei nasional yang dirilis akhir 2016 lalu, menempatkan Pasangan Yasin Payapo-Timotius dengan akronim YAKIN pada posisi pertama elektabilitas tertinggi.

“Memang sampai sekarang belum ada survei terbaru. Tapi survei November 2016 lalu kan menempatkan YAKIN masih kuat. Dan sampai saat ini. Ini terlihat dari gencarnya konsolidasid dan kampanye serta antusiasme masyarakat,”kata Jais.

Menurut dia, hal itu disebabkan YAKIN memiliki basis massa pada wilayah Huamual dan Kairatu Raya. Sementara secara personal, Yasin dan Timotius sudah memiliki modal sosial di masyarakat.

Sehingga kata dia, klaim bahwa YAKIN dan INA-AMA saling bersaing untuk menang, tidak dapat dibenarkan begitu saja. INA-AMA juga memiliki kekuatan, tapi itu lebih dominan dipengaruhi oleh basis massa dan infrstruktur PDIP.
“Tidak benar juga kalau dibilang YAKIN dan INA-AMA saling berkejaran. Kalau ada putaran kedua, YAKIN sebenarnya sudah menunggu lawan untuk bertarung lagi di putaran dua,”katanya.

Berdasarkan pemetaan dia, justeru yang sedang berkejaran adalah pasangan INA AMA dan RODAL. INA AMA harus melewati RODAL, baru bisa mengekori elektabilitas YAKIN.

“Selain itu, INA dan RODAL sedang berkejaran. Karena RODAL juga termasuk kuat. Kalau INA AMA bisa mengehjar RODAL, maka bisa saja mengekori YAKIN. Tapi INA AMA sekarang lagi rapuh. Justru RODAL yang semakin kencang. Dia (INA AMA) kuat terangkat, karena basis PDIP kuat kan,”jelasnya.

Ketua tim pemenang pasangan YAKIN, Abdullah Silehu mengatakan, sejauh ini YAKIN terus memperkuat basisnya yang ada setiap Desa/dusun disebelas Kecamatan di SBB. Dengan penguatan itu, sehingga pasangan dengan singkatan YAKIN itu optimis akan keluar sebagai pemenang.

“Kalau menurut masyarakat, bahwa persaingan kuat dipilkada SBB yaitu pasangan YAKIN dan INA –AMA. Saya bilang tidak, karena saat ini YAKIN sudah sangat jauh bila dibandingakn dengan yang lain. Sehingga meski ini bukan kami mendahulukan keputusan yang maha kuasa, tetapi dari peta yang ada, YAKIN sangat diatas. Dan potensi untuk meraih kemenangan itu sangat terbuka untuk kami,” ujar Silehu kepada Ambon Ekspres via Seluer, Rabu (18/1).

Silehu mengaku, tim YAKIN tidak melakukan survei internal. Tetapi berdasarkan hasil survei Indo Barometer untuk Pilkada SBB belum lama, memposisikan pasangan YAKIN lebih tinggi dari pasangan yang lainnya.

Dia menegaskan, survei tersebut tidak dibiayai oleh YAKIN. “Kita tidak melakukan survei internal, tetapi saya kira teman-teman juga sudah melihatnya dimedia masa hasil survey kemarin dari lembaga Indo Barometer seperti apa. Dan siapa yang lebih tinggi. YAKIN lebih tinggi dari semuanya. Ini dikarenakan masyarakat sangat mengiginkan tipikal pemimpin kedepan di SBB, seperti pasangan YAKIN,” tandasnya.

Sementara itu, pasangan INA AMA terus melakukan survei internal setiap bulan untuk mengevaluasi kinerja kampanye dan konsolidasi. Mulai awal hingga akhir kampanye.

“Kami terus melakukan survei internal dengan tujuan untuk mengetahui seberapa jauh kesuksesan kita dalam melakukan konsolidasi dari awal hingga sekarang ini. Dan itu menjadi bahan evaluasi bagi kami, dimana yang sudah cukup, dan dimana yang masih kurang agar harus diperbaiki lagi,” jelas Wakil Ketua tim Pemenang pasangan INA AMA, Ferri Kasale kepada koran ini kemarin.

Ferri tidak menyebut angka hasil survei. Tetapi, dia sangat optimis, pasangan yang diusung oleh PDI Perjuangan dan PKS itu akan menang Pilkada.

“Kita punya basis dukungan sudah jelas, dan itu teman-teman pasangan yang lain sudah bisa melihatnya. Makanya bagi INA-AMA untuk memenangkan pertarungan ini sudah sangat terbuka, karena dukungan masyarakat kepada pasangan ini sangat luar biasa. Dan kami optimis akan keluar sebagai pemenang nanti,” katanya.

Saat ini, lanjut dia, INA AMA memfokuskan kampanye dan konsolidasi di wilayah-wilayah yang memiliki banyak pemilih. Dalam waktu, INA AMA akan membekali saksi untuk disebarkan ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 15 Februari nanti.

“Terutam untuk mendapatkan formulir C1 ketika usai perhitungan suara di tiap TPS, sehingga tidak yang bisa melakukan kecurangan untuk masalah perolehan suara nanti,” pungkasnya (WHB/TAB)

Most Popular

To Top