KPUD: Tak Ada Namanya Kampanye Kotak Kosong – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

KPUD: Tak Ada Namanya Kampanye Kotak Kosong

Ambon, AE.–– Ketua DPC PDIP Maluku Tengah, Frans Wattimena mendesak polisi untuk menangkap siapa saja yang masih melakukan kampanye pemenangan ‘kotak kosong’. Ini karena sesuai aturan, kegiatan itu terlarang, dan dapat dipidana.

“Polisi harus lebih tegas lah. Jangan lagi menunggu, karena sesuai aturan itu melanggar. Kami berharap tidak ada lagi, KPUD maupun Panwas membiarkan sejumlah orang melakukan kampanye pemenangan kotak kosong,” kata Wattimena ketika dihubungi Ambon Ekspres, kemarin.

PDIP, adalah salah satu partai politik yang ikut mengusung pemenangan Tuasikal Abua-Marlatu Leleury. Kata dia, selama ini dalam kegiatan kampanye, tim TULUS tidak pernah membatasi, hanya saja mereka selalu menyebar fitnah saat melakukan kampanye pemenangan ‘kotak kosong’.

Anggota KPUD Maluku, Rifan Kubangun ketika dikonfirmasi soal kotak kosong, menegaskan tidak ada aturan. “Tidak ada aturan soal kotak kosong,” kata Rifan tadi malam.

Menurut Rifan, Masyarakat berhak menentukan pilihan bisa memilih pasangan calon tunggal yang ada tanda gambarnya dan juga bisa memilih kotak kosong dan itu sah,tapi mengkampanyekan kotak kosong jelas tidak diatur dan oleh karenanya dalam konteks kampanye Panwas bisa memastikan peserta pemilihan dengan pasangan calon tunggal melaksanakan Kampanye.

“Diluar itu tidak ada yang namanya kampanye kotak kosong karena apa yg mau dikampanyekan kotak kosong baik itu berupa materi kampanye,tim kampanye, alat peraga maupun bahan kampanye,” tegas Rifan.

Sebelumnya, Kapolres Maluku Tengah AKBP Harley H Silalahi menegaskan, akan bertindak tegas terhadap semua pihak yang kedapatan sengaja melakukan kegiatan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan.

“Siapapun yang mencoba mengganggu kamtibmas akan kita tindak tegas. Kita proses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” ikrar Kapolres.

Penegasan ini dikemukakan menjawab koran ini mengenai aktifitas elemen masyarakat yang mengatas namakan relawan kotak kosong. Menurut perwira dengan dua melati di pundak ini, Ketentuan tentang kotak kosong ini memang tidak diatur. Aturan yang menyebut bahwa aktifitas mengkampanyekan kotak kosong sebagai aktifitas yang ilegal.

“Kita lebih fokus pada persoalan kamtibmas. Upaya-upaya yang mengganggu stabilitas kemanan baik oleh tim pasangan calon ataupun relawan pendukung kotak kosong akan kita tindak tegas,” ikrarnya.(MYX)

Most Popular

To Top