Mendagri Belum Restui Karateker Bupati Buru – Ambon Ekspres
Amboina

Mendagri Belum Restui Karateker Bupati Buru

AMBON,AE.––Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo hingga kemarin belum merestui satu dari tiga nama yang dikirimkan oleh Pemerintah PrAovinsi Maluku, sebagai careteker bupati Buru, pasca berakhirnya masa jabatan Bupati dan wakil Bupati Buru, Ramly Umasugi dan Juhana Soedrajat selama lima tahun.

Akhir masa jabatan keduanya, Februari mendatang. Ramly Umasugi sebelum masa tugas mereka berakhir lebih awal memilih cuti karena ikut lagi dalam pemilihan bupati Buru. Gubernur Maluku menunjuk wakilnya, Juhana Sodrajat melanjutkan tugas Ramly, hingga berakhirnya masa kerja mereka.

Tiga nama yang dikirim oleh pemerintah Provinsi Maluku kepada Menteri Dalam Negeri itu, yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum provinsi Maluku Ismail Usemahu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Habiba Saimima dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Maluku, Saldi EI. Ketiga nama tersebut sementara berada diatas mejanya, Menteri Dalam Negeri. Dan belum ada satupun yang mendapatkan restu Mendagri.

Informasi yang diperoleh koran ini kemarin, dari tiga nama pejabat esalon dua yang diusulkan kepada Mendagri itu, Kadis PU Ismail Usemahu lebih berpelung untuk menjadi karateker Bupati Buru, menggantikan Johana Soedrajat. “Untuk caretaker bupati Buru, pak Kadis PU lebih memiliki peluang untuk menjadi caretaker ketimbang dua nama yang lain, “karta sumber koran ini kemarin.

Kadis Pekerjaan Umum Provinsi Maluku, Ismail Usemahu, yang ditemui di kantor Gubernur Maluku belum lama ini mengaku, jika ketiga nama ini memiliki peluang untuk menjadi caretaker bupati Buru. “Saya sendiri (Usemahu red), tahunya kalau nama saya diusulkan itu justeru lewat media massa. Saya kira semua yang diusulkan punya peluang yang sama. Tinggal Tuhan yang menentukan,”singkat pak Mail sapaan kadis PU.

Sementara itu, Kabag Humas, dan protokol Setda Provinsi Maluku, Bobby Kin Palapia mengatakan, informasi yang diperoleh pihaknya memang jika ketiga nama yang diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri, sebagai karateker Bupati buru itu, memang masih berada di Mendagri.

“Memang nama-nama yang diusulkan sebagai karateker Bupati Buru itu, telah berada di Kemendagri. Dan informasi lanjutan siapa yang sudah direstui, kita sendiri belum mengetahui hal itu,”kata dia ketika dihubungi koran ini tadi malam.

Palapia mengaku, pihaknya akan kembali mencari informasi lanjutan terkait sudah atau belum direstuinya, satu dari ketiga nama itu sebagai caretaker bupati Buru.”Tunggu kami kroscek lagi dulu, kalau memang ada informasi lanjutan terkait siapa yang sudah disetujui pak Mendagri baru bisa kami informasikan,”kuncinya.(AHA)

Most Popular

To Top