2 Febuari Usemahu Jadi Caretaker Buru – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

2 Febuari Usemahu Jadi Caretaker Buru

AMBON,AE.–– Gubernur Maluku Said Assagaff, akan segera melantik Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Maluku, Ismail Usemahu sebagai caretaker Bupati Buru, menggantikan Juhana Soedrajat.

Kepastian pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap caretaker bupati Buru itu, setelah Ismail usemahu, satu dari tiga nama yang diusulkan oleh pemerintah Provinsi Maluku, direstui oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Senin malam kemarin.

“Untuk caretaker bupati Buru, Alhamdulilah Pak Mendagri sudah menyetujui. Dan yang disetujui itu pak Kadis PU (Ismail Usemahu red), akan kita lantik pada awal Febuari nanti,”kata gubernur, kepada wartawan di kantor Gubernur, kemarin.

Menurutnya, dari ketiga nama yang diusulkan itu diantaranya, Tiga nama yang dikirim oleh pemerintah Provinsi Maluku kepada Menteri Dalam Negeri itu, yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum provinsi Maluku Ismail Usemahu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Habiba Saimima dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Maluku, Saldi EI.

Pelantikan, dipastikan akan berlangsung pada 2 Februari mendatang. Pada tanggal itu pula berakhirnya masa jabatan Bupati dan wakil Bupati Buru, Ramly Umasugi dan Juhana Soedrajat selama lima tahun.

Pelantikan sendiri dipastikan akan berlangsung dikantor Gubernur Maluku, dan dihadiri oleh seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat daerah, Forkopida Maluku, maupun Kabupaten Buru.

Usemahu sendiri, diharapkan nantinya ketika menjabat dapat menyukseskan proses Pilkada yang akan berlangsung pada 15 Febuari mendatang. tidak saja itu, kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat juga sangat diharapkan.

“Memang yang kita harapkan, siapapun caretaker Bupati Buru termasuk pak Mail (Ismail Usemahu red), untuk memimpin Buru dalam sementara waktu, minimal menyukseskan pilkada Buru, dalam kondisi yang aman dan nyaman, sehingga melahirkan pimpinan yang berkualitas dan pemimpin untuk masyarakat Buru secara keseluruhan,”tutur Irfandy salah satu pemuda Buru, kepada koran ini kemarin.

Menurut dia, caretaker bupati punya beban moral tinggi, terlebih dalam memelihara independensi para ASN untuk tidak terlibat secara langsung dalam pilkada yang akan berlangsung di pertengahan Febuari itu.

“Jadi selain kondisi keamanan, harapan kami juga kenetralan dari para ASN untuk tidak terlibat langsung dalam pilkada itu. SIapapun yang terpilih nanti dari kedua pasangan ini, Buru tetap aman dan nyaman, karena itu pula kesuksesan masyarakat dan pak Karateker bupati sendiri, “harapnya.(AHA)

Most Popular

To Top