Pelaksanaan HPN Kian Matang – Ambon Ekspres
Amboina

Pelaksanaan HPN Kian Matang

AMBON,AE.–– Perhelatan akbar insan pers Indonesia, yakni Hari Pers Nasional (HPN) 2017 tinggal menghitung hari. HPN 2017 di Ambon, mendatang dipastikan akan semakin semarak dan bernuansa Nasional maupun internasional, setelah dipastikan akan hadirnya sejumlah utusan negara sahabat di Ambon, dalam kegiatan pers tersebut.

Panitia lokal pelaksana HPN, hingga kini masih terus berkoordinasi dengan panitia pusat, terkait dengan tamu undangan yang akan mulai berdatangan ke Maluku, awal Febuari besok.

Sekretaris daerah (Sekda) Maluku, yang juga ketua panitia lokal melalui Kepala Bagian Humas, Biro Humas dan Protokoler Setda Maluku Bobby Kin Palapia mengatakan, untuk kehadiran para tamu-undangan di Kota Ambon, dipastikan berdatangan mulai dari tanggal 4 hingga 8 Ferbuari mendatang.

Peserta, tamu dan undangan itu, tidak saja dari dalam negeri melainkan luar negeri juga akan hadir. “Untuk tamu dari luar negeri sampai siang ini, sudah kita pastikan sekitar 21 Duta Besar. kemudian juga ada tiga atau empat wartawan dari media asing yang juga turut hadir saat HPN nanti, “kata Palapia kepada koran ini, di kantor Gubernur Maluku, Senin kemarin.

Sementara untuk persiapan panitia pelaksana dalam menyambut kegiatan Pers tersebut, baik lokal maupun Nasional sudah mencapi 95 persen. Hal itu juga telah terlihat dari sejumlah rentetan kegiatan menjelang HPN selama ini.

“Sudah mencapai 95 persen, lima persen itu hanya untuk pemantapan dari seluruh bidang-bidang dalam pelaksanaan HPN ini,”tuturnya.

Untuk kegiatan yang dilakukan sebelum maupun saat pelaksanaan HPN itu berlangsung, lanjut juru bicara pemerintah provinsi ini, yakni seminar-seminar maupun sejumlah kegiatan yang sifatnya akan membawa dampak positif bagi pembangunan maupun kemajuan daerah ini.

“Ada seminar, pendidikan, seminar perikanan kelautan, kemudian ada konfrensi-konfrensi, termasuk persoalan media dan masyarakat Maluku. Bahkan soal ancaman dan kekerasan terhadap jurnalis juga akan dibahas dalam HPN ini. Yang kami sampaikan ini hanya yang besar saja. Sedangkan untuk teknis itu merupakan tanggungjawab dari bidang-bidang yang ada,”jelas dia.

Prinsipnya lanjut Palapia, kegiatan HPN ini, dapat mengangkat citra Maluku, baik dikancah nasional maupun internasional. Terutama Maluku sebagai laboraturium kerukunan antar umat beragama. Termasuk Maluku yang kaya akan sumber daya alam, terutama laut itu.

“Selain para Dubes, kemudian seluruh wartawan baik nasional maupun internasional, juga akan hadir pak Presiden dan sejumlah pejabat yang ada,”terangnya.

Disinggung soal Panglima TNI dan Kapolri, dia belum bisa memastikan. Baginya tidak menutup kemungkinan akan hadir bersamaan dengan Presiden RI. “Kalau untuk pak Kapolri dan panglima TNI, nanti kita konfirmasi lagi dengan panitia pusat. Tetapi harapan kami keduanya juga bisa hadir di Maluku,”paparnya.

Informasi yang peroleh koran ini menyebutkan, peserta yang akan datang di Maluku, mencapai ribuan orang. Bukan saja dari Nasional melainkan wartawan internasional juga bakal hadiri HPN.

Sejumlah fasilitas tinggal seperti Hotel dan penginapan dipastikan akan terisi secara penuh oleh para peserta HPN yang ada. Tidak saja hotel dan penginapan, sebagian rumah warga juga dipersiapkan untuk menampung para peserta dari luar Maluku itu.

Sebelumnya, perhelatan akbar insan pers nasional, yakni Hari Pers Nasional ini juga dipastikan akan semakin semarak dan bernuansa internasional, setelah dipastikan akan hadirnya sejumlah negara sahabat di Ambon, dalam kegiatan pers tersebut.

“Tercatat, saat ini sudah 6 duta besar yang memastikan diri hadir di Ambon yakni Vietnam, Rusia, Filipina, Slovakia, Pakistan dan Korea Utara,” kata Bob Iskandar, Ketua Bidang Tamu-Tamu Asing Panitia Pusat HPN 2017, dalam rilisnya yang diberitakan koran ini, pertengahan Januari lalu.

Negara-negara lain seperti Kroasia, Austria, Malaysia, Korea Selatan, Cina dan Suriname juga akan mengkonfirmasi kesediaan mereka untuk menghadiri HPN di Ambon. “Kita perkirakan, tak kurang 10 duta besar yang akan hadir di Ambon. Dan itu memiliki nuansa tersendiri bagi HPN di Ambon,”jelas.

Tidak saja duta besar dan perwakilan negara akan ada juga perwakilan badan-badan dunia juga akan turut hadir di Ambon. “Ada 3 perwakilan badan dunia seperti organisasi pendidikan dan kebudayaan dunia (Unesco), organisasi kesehatan dunia (WHO) dan Badan Program Pembangunan PBB (UNDP),” terangnya.

Kemudian sejumlah wartawan asing juga akan turut berkumpul bersama wartawan se Indonesia di Ambon. “Confederation ASEAN Journalist (CAJ) akan mengirim empat utusannya ke Ambon yakni dua wartawan dari Thailand dan dua wartawan dari Vietnam. All China Journalist Association (ACJA) juga tak mau ketinggalan.

Cina akan mengirimkan 6 utusannya di HPN 2017 dan juga 2 wartawan Korea Selatan yang tergabung dalam Jakarta Foreign Correspondent Club (JFCC),” pungkasnya.(AHA)

Most Popular

To Top