Balon Kada Tumbang di Malteng – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Balon Kada Tumbang di Malteng

MASOHI,AE––Pasangan Tuasikal Abua-Marlatu Leleury menang dengan perolehan sementara 71,14 persen atas kotak kosong 29,08 persen. Meski kotak kosong ditunggani 16 bakal calon kepala daerah.

Sejumlah bakal calon kepala daerah itu diantaranya Azis Mahulette, Jusuf Latuconsina, Moda Latupono, Hamza Sangadji, Saadia Uluputty, Kombes Pol Ely Jamaludin, Isnain Solo beserta wakil bupati yang berasal dari semua wilayah kabupaten Maluku Tengah.

Saat massa kampanye, tim kotak kosong yang dikoordinir Alter Sopacua dan Autan Sahib Patty intens bergerilya di hampir seluruh kecamatan dan semua desa, mengimbangi kampanye dan sosialisasi pasangan Tuasikal-Leleury. Mereka menghendaki agar pilkada 15 Februari 2017 ditunda pada tahun 2018.

Empat balon asal Jasirah Leihitu masing-masing Azis Mahulette, Saadia Uluputy, Kombes Ely Jamaludin, dan Isnain Solo itu mengkonsolidir wilayah tersebut. Sedangkan Jusuf Latuconsina, Moda Latupono, Hamzah Sangadji membawahi wilayah Lease dan sebagian pulau Seram berikut balon wakil.

Namun, data sementara tabulasi real count KPU sebanyak 71,14 persen atau 146.514 pemilih Malteng memberikan suara kepada pasangan TULUS, dan kotak kosong 60.085 atau 29.08 persen dengan tingkat partisipasi mencapai 68,53 persen.

Itu menunjukan kemenangan pasangan TULUS yang diusung 30 kursi menang mutlak di 18 kecamatan dan bisa mencaai diatas 71 persen, sekaligus meggambarkan bahwa masyarakat Malteng masih menginginkan TULUS untuk periode kedua. Lebih membingungkan, basis para calkada yang sebagian adalah anggota DPRD aktif harus kalah dari pasangan TULUS.

Ketua tim TULUS Abdulllah Tuasikal menandaskan, telah mempredikasi akan menang pertarungan di Maluku Tengah, baik lawan maupun tanpa lawan dengan kemenangan diatas 60~an persen. Abdullah yang akrab disapa Pelatih itu mengemukakan, semua bakal calon tersebut diatas bukan orang baru dalam setiap moment perhelatan pilkada lokal.

“Sudah saya prediksikan dan tahu semua strategi mereka, mereka bukan orang baru dalam pilkada Malteng maupun lokal lainnya,” tandasnya, Sabtu,(18/2). Sehingga, baginya sangat gampang mematahkan argumen maupun strategis dari rival politik mereka.

Lebih lanjut, mantan bupati yang digadang-gadang maju dalam bursa DPR-RI 2019 itu mengemukakan, apresiasi untuk seluruh masyarakat Maluku Tengah yang telah mempercayakan Tuasikal Abua dan Marlatu Leleury untuk melanjutkan program pembangunan lima tahun kedepan.

“Tentu saya apresiasi bagi seluruh masyarakat Malteng, terutama tim, simpatisan dan pendukung TULUS for Ale yang kembali memberikan kepercayaan bagi Tuasikal-Leleury untuk melanjutkan pembangunan lima tahun kedepan, bahwa ini menjadi kemenangan seluruh masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, calon bupati, Tuasikal Abua mengapresiasi hasil yang dicapai timnya dalam mencapai hasil maksimal. “Saya mengucapkan terima kasih kepada rakyat Maluku Tengah, yang telah memberikan kepercayaan kepada saya dan pak Marlatu Leleury untuk memimpin daerah ini lima tahun lagi,” kata dia.

Apa yang dihasilkan dalam pilkada kali ini, kata dia, menjadi visualisasi kepercayaan rakyat kepadanya saat bekerja lima tahun sebelumnya. “Rakyat percaya, karena kami telah bekerja lima tahun sebelumnya untuk kesejahteraan rakyat. Dan lima tahun ini kami akan bekerja lebih maksimal lagi untuk kesejahteraan rakyat,” pungkas Abua. (ANC)

Most Popular

To Top