Kursi Basah Digantung Golkar – Ambon Ekspres
Politik

Kursi Basah Digantung Golkar

AMBON, AE.–– Kursi wakil ketua DPRD Kota Ambon milik Golkar masih menggantung. Belum ada putusan soal siapa yang berhak atas kursi basah itu. Padahal nama Eli Toisuta sudah diputuskan DPP Golkar. Namun putusan DPP diragukan keasliannya.

Ketua DPD Golkar Kota Ambon, Richard Louhenapessy lalu menyurati DPP Golkar lagi. Sampai kemarin, belum ada jawaban. Penunjukan Eli Toisuta oleh DPP hanya melalui media sosial wattsapp. Informasinya belum ada bukti SK asli dalam bentuk surat yang ditujukan ke DPP Golkar Kota Ambon.

Sebelumnya tiga nama diusulkan DPD Golkar Kota Ambon untuk mengisi kekosongan kursi wakil ketua DPRD Kota Ambon, paska Husein Toisuta meninggal dunia. Tiga nama itu, adalah Zeth Pormes, Markus Pattiapon, dan Eli Toisuta.

Zeth awalnya disebut-sebut akan mengisi kursi wakil ketua. Bahkan dia pernah mengikuti kegiatan mewakili wakil ketua DPRD Kota Ambon. Zeth masuk melalui pintu Fredi Latumahina. Dia dikenal dekat dengan Ketua DPP Golkar ini. Namun belakangan nama Zeth tidak disebut lagi.

Setelah itu, SK pengangkatan Eli Toisuta menjadi wakil ketua DPRD Kota Ambon dari DPP Golkar dikirim melalui wattsapp ke handphone milik Richard Louhenapessy. Namun keasliannya diragukan. Karena itu, DPD Golkar Kota Ambon menyurati DPP Golkar terkait dengan beredarnya surat tersebut.

Richard sendiri menginginkan Markus Pattiapon. Markus adalah orang dekat Richard, dan menjadi tim sukses mantan Walikota Ambon ini untuk menduduki kembali kursi itu. Karena itu, surat ke DPP dilayangkan lebih awal.

Lalu apa kata Elly Toisuta? Bendahara Fraksi Golkar di DPRD Kota Ambon ini yakin akan diusul oleh DPD II pada awal Maret 2017. Dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Ambon telah menetapkan dua agenda PAW yang dari fraksi Golkar.

Pertama proses pelantikan posisi wakil ketua dan pergantian antar waktu (PAW) Margaretha Siahay. Kedua agenda tersebut, akan disesuaikan untuk dilakukan paripurna penetapan.

“Yang pasti, saya diusulkan itu kalau tidak bulan ini maka awal Maret 2017 mendatang. Dan pengusulan nama itu sudah dibuat, hanya dari DPD Golkar sendiri belum mau untuk di ekspos,” Elly Toisuta, ketika di konfirmasi Ambon Ekspres, Selasa (21/2).

Dia mengaku, sampai kemarin tidak ada kendala dalam pengusulan nama posisi wakil ketua DPRD. Karena sesuai SK nomor 906, DPP telah menunjuk dirinya sebagai wakil ketua DPRD Ambon, sehingga hanya menunggu usulan nama untuk dilakukan paripurna penetapan di DPRD Ambon.

“Jika pengusulan nama sudah disampaikan ke DPRD, paling terlambat itu 1 minggu di proses di DPRD. Karena Bamus hanya menyesuaikan dengan melakukan rapat internal. Setelah itu langsung dilakukan paripurna penetapan saya sebagai wakil ketua DPRD Ambon,” tutupnya. (ISL)

Most Popular

To Top