Malam, Jokowi Tiba di Ambon – Ambon Ekspres
Amboina

Malam, Jokowi Tiba di Ambon

AMBON,AE.–– Ribuan aparat gabungan sudah berjaga sejak kemarin. Mereka di lorong-lorong dengan senjata lengkap. Di titik rawan, sudah diisi TNI maupun Polri. Ini langkah biasa yang dilakukan untuk pengamanan presiden.

Presiden RI Joko Widodo datang ke Kota Ambon untuk membuka Musyawarah Besar Latupati se-Maluku, dan sidang Tanwir Muhammadiyah yang berlangsung Jumat besok.

Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayor Jenderal TNI Doni Monardo mengatakan, pengamanan kedatangan Presiden dan Wakil Presiden, Jusuf Kalla dilakukan sesuai dengan prosedur tetap, yakni pengamanan VVIP.

“Pengamanan VVIP, ribuan personil kita libatkan. Pengamanan seperti biasanya dalam artian pengamanan Presiden,” kata pangdam, kepada koran ini, di kantor gubernur siang kemarin.

Menurut mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini, pengamanan tidak hanya melibatkan Pasukan Pengamanan Presiden, TNI dan Polri saja, seluruh pihak terkait, termasuk pemadam kebakaran, PLN, dan tim kesehatan juga disiapkan.

Perwira tinggi TNI AD ini juga telah meminta seluruh satuan tugas agar siap dan bergerak diberbagai titik yang akan dilalui maupun dikunjungi oleh mantan Gubernur DKI dan rombongannya itu.

“Semua unsur kita libatkan dalam pengamanan ini. Ya kita berharap kunjungan Presiden dan rombongan nanti semua dapat berjalan aman dan lancar. Seperti saat HPN kemarin,” tegas mantan Komandan Jenderal Kopassus ini.
Sementara itu wakil gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, yang juga ketua panitia pelaksanan sidang Tanwir Muhammadiyah menegaskan, hingga sore kemarin, Presiden sesuai agenda yang untuk membuka Musyawarah besar latupati dan sidang Tanwir, yang berlangsung Jumat (24/2)besok, di gedung Islamic Center Ambon.

“Untuk kesiapan panitia hingga sore ini, sudah mencapai 95 persen. Jadwal yang sementara kita ketahui, pak Presiden hanya datang untuk menghadiri Mubes Latupati, sekaligus pemberian gelar adat kehormatan dan membuka sidang Tanwir itu,” kata Sahuburua, Rabu kemarin.

Dia memastikan, presiden tiba di bandara Internasional pattimura Ambon, sekira pukul 19.30, dan malamnya langsung membuka kegiatan musyawarah Besar latupati.

“Beliau nginap di hotel. Tiba sektar pukul 19.30 dan langsung menuju salah satu lokasi kegiatan yakni Kristian center. Untuk yang lain saya rasa sudah cukup, “terang dia.

Pengamanan Kegiatan
Terpisah Polda Maluku sendiri menerjunkan, 595 personil guna mengamankan seluruh rangkaian kegiatan sidang tanwir yang berlangsung dari tanggal 22-27 Februari mendatang.

“Personil yang kita turunkan untuk pengamanan kegiatan Tanwir Muhammadiyah itu sebanyak 595 personil terdiri dari TNI AD 30, AL 30, AU 30, Satpol Pp 30 dan sisanya polri sekitar 477 orang,”jelas Kabid Humas Polda Maluku, melalui Kabag Dalops, Biro Operasional Polda Maluku, AKBP Arafah.

Pengamanan itu kata dia, diluar pengamanan Presiden. Polri sendiri, dalam pengamanan Presiden hanya untuk membeck up TNI. “Yang pasti pengamanan kegiatan Tanwir itu, terbagi tiga yakni, pengamanan jalur, tempat kegiatan dan tempat tinggal. Untuk pengamanan Presiden, kita hanya bantu TNI, pengamanan jalur dan ring III,”paparnya.

Meski demikian, dia mengaku jika Polda Maluku sendiri siap melakukan pengamanan terhadap seluruh rangkaian kegiatan Tanwir Muhammadiyah, baik yang berada di dalam agenda maupun di luar agenda. Baginya, pengamanan itu dilakukan dengan melibatkan satuan lain, merupakan bagian dari wujud sinergitas antara TNI, Polri dan masyarakat di daerah ini.

“Kita tunjukan bahwa Maluku ini, ikon bagi bangsa kita, mulai dari kerukunan antara umat beragama, sinergitas TNI, Polri, pemerintah dan masyarakat. Maluku damai selalu. Ini yang salalu akan kita wujudkan,”kuncinya.(AHA)

Most Popular

To Top