Bangun Maluku Tak Hanya Oleh Pemerintah – Ambon Ekspres
Amboina

Bangun Maluku Tak Hanya Oleh Pemerintah

AMBON, AE.––Sukses melaksanakan berbagai kegiatan bertaraf nasional dengan menghadirkan sejumlah pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kota Ambon, membawa dampak besar bagi kemajuan provinsi seribu pulau ini.

Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua mengatakan, suksesnya pelaksanaan sejumlah event di Maluku menandatakan jika kondisi keamanan di daerah ini dari tahun ke tahun semakin membaik. Hal itu disertai dengan pemberian sejumlah bantuan kepada masyarakat Maluku.

“Dampak dari sejumlah event besar dengan menghadirkan sejumlah pejabat negara dan masyarakat nasional itu yang pertama telah menunjukan jika Maluku sudah sangat aman dan nyaman.

Dan itulah yang telah kita tunjukan. Kemudian ada semacam perhatian dari pemerintah pusat kepada Maluku,” kata Sahubura di Graha Ambon Ekspres, kemarin.

Menurut dia, salah satu dampak yang saat ini dirasakan yakni pemerintah pusat akan memberikan Dana Alokasi Umum (DAU), bukan lagi dihitung dari luasnya daratan melainkan dari laut. “Pak presiden sudah menjanjikan kepada pak gubernur bahwa kita punya DAU itu tidak dihitung dari darat, tetapi dihitung dari laut.

Dan semoga tahun depan itu bisa direalisasikan. Kemudian juga ada bantuan dua kapal roro (ferry), sebagai bagian dari mewujudnya tol laut di Maluku,” jelas dia.

Laut Maluku, kata dia, sangat luas sehingga jika DAU itu direalisasikan maka akan sangat membantu Pemprov Maluku dalam membangun daerah ini. “Luas laut yang sebesar itu, kalau kita hitung biayanya akan sangat membantu APBD kita untuk membiayai segala insfrastruktur pembangunan daerah dalam rangka menuju kesejahteraan masyarakat kita,” tuturnya.

Membangun daerah ini, imbuh mantan Ketua DPRD Maluku ini, tidak selamanya mengharapkan bantuan pemerintah. Perlu juga ada investasi dari pihak luar, baik nasional maupun internasional. “Harus ada investasi. Karena salah satu modal tertanamnya investasi itu adalah kondisi keamanan.

Maluku sudah punya itu. Kita harapkan ada investasi dunia usaha baik lokal, nasional dan luar negeri. Silahkan datang, kemudahan akan kita berikan,” paparnya.(AHA)

Most Popular

To Top