Rentanubun Dipertimbangkan Assagaff – Ambon Ekspres
Politik

Rentanubun Dipertimbangkan Assagaff

Terkait Pilgub 2018

AMBON, AE— Bupati Kabupaten Maluku Tenggara, Anderias Rentanubun telah menyatakan siap dipinang sebagaia calon Wakil Gubernur Maluku oleh  Said Assagaff. Sikap Rentanubun ini dinilai akan menjadi pertimbangan penting bagi Assagaff, karena figur lainnya belum menyatakan sikap yang sama.

“Yang sampai saat ini punya sikap untuk maju dan berpasangan dengan Assagaff hanya Andre. Itu bisa mempengaruhi sikap pak Assagaff. Itu juga salah satu indikator yang akan menjadi pertimbangan oleh pak Assagaff,” kata analis politik, Almudastir, Minggu (5/3).

Dari 16 figur yang masuk survei tim Assagaff, baru Rentanubun yang menyatakan sikap resmi siap dipinang Assagaff. Pernyataan ini disampaikan Rentanubun kepada Ambon Ekspres, 8 Januari 2017.

Sementara dari sisi elektoral, menurut Almudatsir, belum terlalu kuat. Meski menjadi tokoh karena menjabat bupati dua periode. Namun kekuatan dan pengaruh politik Rentanubun belum teruji dalam skala Maluku. “Rekam jejak politik dan birokrasinya, hanya di Maluku Tenggara. Jadi, tingkat popularitas dia di daerah di luar Tenggara, itu harus diuji,” paparnya.

PDIP dan Tenggara
Sebaliknya, lanjut dia, apabila Assagaff memilih wakil dari Tenggara, kemungkinan figur itu juga kader PDI Perjuangan. Sebab, Assagaff akan diuntungkan dengan kekuatan etnisitas dan politik PDIP. “Ada kemungkinan Mercy Barends dipilih.

Tapi ini kan nanti diuji lewat survei. Kalau misalnya, pak Assagaff mengambil Mercy, berarti ada dua keuntungan di situ, representasi Mercy sebagai tokoh Tenggara dan dia adalah representasi dari PDIP,” katanya.

Selain itu, Mercy juga juga rekam jejak elektoral yang baik. Terpilih sebagai anggota DPRD provinsi dua periode dari dapil Kepulauan Aru, dan anggota DPR RI dari Maluku hasil pemilihan legislatif 2014. “Kemudian, secara elektoral, dia juga sudah teruji pada Pemilihan 2014. Empat kursi di Senayan dari Maluku, dia berhasil mendapatkan satu kursi,” jelasnya.

Tokoh lain diprediksi berpeluang dipinang, yakni Herman Koedoeboen. Karena bagaimana pun, Herman sudah memiliki rekam jejak elektoral saat Pilgub Maluku 2013. Tapi, Herman justru digadang-gadang maju sebagai calon gubernur, bukan wakil. “Nah, setelah disurvei kalau siapa yang punya popularitas dan akseptabilitas tinggi, dia yang akan dipilih oleh Assagaf sebagai calon wakil gubernur,” tukasnya.

Sementara itu, saat dihubungi via seluler, Jumat (3/3) sore, Rentanubun mengaku, sangat yakin dirinya akan dipinang oleh Assagaff. Tapi, dia menyerahkan keputusan politik sepenuhnya kepada Assagaff.
“Saya yakinlah dipilih. Tapi saya kira, kembali ke pak Said Assagaff saja,” kata Rentanubun.

Rentanubun mengaku, timnya telah melakukan sosialisasi di 11 kabupaten/kota di Maluku, untuk meningkatkan popularitas (keterkenalan) dan akseptabilitas (kesukaan) masyarakat terhadap dirinya. Informasi yang diperoleh Ambon Ekspres, sosialisasi itu antara lain, berupa pembagian stiker dan spanduk serta kartu nama.

“Tim sudah sosialisasi. Tim yang sedang bekerja di semua kabupaten. Dan, saya juga yakin akan memperoleh popularitas dan akseptabilitas yang tinggi,” ujar dia.

Rentanubun menanggapi positif terkait survei yang dilakukan oleh tim konsultan Said Assagaff—Gubernur Maluku sekarang dan dipastikan maju lagi di Pilgub 2018. Termasuk 7 tokoh asal Tenggara dan Michael Wattimena, politisi Demokrat yang juga diprediksi akan dipinang oleh Assagaff.

Dia juga merasa tidak tersaingi oleh figur-figur. ”Tidak apa-apa. Kita ikuti saja. Siapa yang dipilih, itulah pilihan Tuhan,” ungkapnya.

Terkait kesiapan mengikuti kontestasi politik lokal lima tahunan ini, dia mengaku, sudah sangat siap. Oleh karena itu, kalaupun tak dipinang Assagaff, dia siap membantu memenangkan Assagaff dan pemerintahannya ke depan.

“Dari rekam jejak, saya kira saya siap mengabdi untuk Maluku. Kalaupun tidak memilih saya, saya tetap bekerja untuk beliau. Sekali pilihan satu saja, pak Assagaff,” tandas bupati yang pernah mendapat penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Kategori Pembina Bupati/Walikota (2012) dan Penghargaan Pangan Nasional tentang Pengelolaan Pangan (2013) itu.

Diberitakan sebelumnya, selain Rentanubun, ada 6 tokoh asal Tenggara lainnya yang disurvei oleh tim konsultan Assagaff. Yaitu, mantan Bupati MTB Bitzael Silvester Temar, anggota DPR RI asal Aru Mercy Barends, Mantan Bupati Malra dan Wakajati Maluku Herman Koedoeboen, wakil Bupati MTB Lukas Uruwatu, Bupati MBD Barnabas Orno dan Direktur Asisten kementrian Negara Pembangunan Tertinggal, Max Joltuwu juga berasal dari MBD.(TAB)

 

Most Popular

To Top