Presiden Tetapkan 19 Pulau Terluar Maluku – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Presiden Tetapkan 19 Pulau Terluar Maluku

AMBON, AE.––Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah menetapkan sebanyak 111 pulau yang tersebar di 22 provinsi sebagai pulau-pulau kecil terluar milik Republik Indonesia (RI). Dari jumlah tersebut 19 diantaranya berada di Provinsi Maluku.

Mengutip laman resmi Sekretariat Kabinet (Setkab), pada Selasa (7/3), penetapan 111 pulau kecil terluar itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penetapan Pulau-Pulau Kecil Terluar. Kepres ini ditandatangani Presiden Jokowi pada 2 Maret lalu.

Disebutkan, payung hukum yang diterbitkan tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 tahun 2002 tentang Daftar Koordinat Geografis Titik-Titik Garis Pangkal Kepulauan Indonesia, yang telah diubah dalam bentuk Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2008 terdapat perubahan atas jumlah pulau kecil terluar menjadi 111 pulau.

“Penetapan pulau-pulau kecil terluar itu diklasifikasikan atas nama pulau, nama lain pulau, perairan, koordinat titik terluar, titik dasar dan petunjuk jenis garis pangkal, dan provinsi,” tulis keppres tersebut.

Seiring diterbitkannya Keppres 6/2017, Presiden Jokowi mencabut dan menyatakan tidak berlaku ketentuan dalam Pasal 1 ayat (2) dan Lampiran Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar.

Jajaran TNI terlebih, Kodam XVI/Pattimura, tetap berkomitment bersama masyarakat akan mengamankan dan mempertahankan pulau-pulau tersebut.

Menyikapi keputusan tersebut, Kapendam XVI/Pattimura, Kolonel Arh Hasyim Lalhakim mengatakan, TNI saat ini tengah memperkuat kekuatannya untuk mengamankan seluruh pulau terluar yang ada di republik ini. Termasuk yang ada di Provinsi Maluku.

“Sampai saat ini, TNI sudah dan sedang memperkuat kekuatannya, termasuk menyiapkan Pulau Selaru, salah satu pulau terluar di Maluku sebagai kapal induk di wilayah Selatan,” jelas Hasyim ketika dihubungi koran ini, kemarin.

Pengamanan pulau terluar, kata dia, memang tugas dan tanggungjawab TNI. Selain itu juga dibantu oleh masyarakat. ‘’Kita tetap memperkuat pengamanan pulau terluar. Karena itu menjadi tanggungjawab TNI. Kita juga sudah pasti dibantu oleh masyarakat maupun pihak terkait,” tandasnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemprov Maluku, Bobby Kin Palapia mengaku pemprov juga akan membantu jajaran TNI untuk mengamankan pulau terluar yang dimiliki Maluku. “Kami tetap membantu TNI yang mengamankan pulau-pulau terluar itu. Dan itu yang sudah kita lakukan selama ini,” terangnya.(AHA)

Most Popular

To Top