Maria Cellina Jadi Sarjana Pendidikan Dokter di Usia 19 Tahun – Ambon Ekspres
Ragam

Maria Cellina Jadi Sarjana Pendidikan Dokter di Usia 19 Tahun

Meski usianya belum menginjak kepala dua, Maria Cellina Wijaya sudah menjadi sarjana pendidikan kedokteran. Cellina meraih gelar SKed pada usia 19 tahun 4 bulan.

SENYUM mengembang tampak jelas di wajah Maria Cellina Wijaya pada Sabtu (11/3). Mengenakan kebaya hitam dengan jarit putih bercorak batik, dia menenteng ijazah dan memakai toga. Bersama 2.018 mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) lainnya, Cellina menjadi salah seorang yang diwisuda hari itu.

’’Seneng, akhirnya lulus,’’ terangnya kepada Jawa Pos setelah mengikuti prosesi wisuda di gedung Airlangga Convention Center (ACC).

Mahasiswa jurusan pendidikan dokter tersebut berhasil lulus dalam waktu 3,5 tahun. Dengan umur yang masih sangat muda. Karena itu, dia meraih predikat sebagai lulusan termuda kedokteran pada 2017. Bagaimana dia menempuh pendidikannya?

Berbeda dengan siswa umumnya, perempuan yang lahir pada 30 November 1997 itu berhasil menyelesaikan pendidikan formal lebih cepat. Jenjang SD–SMA yang seharusnya ditempuh dalam waktu 12 tahun, Cellina perpendek menjadi 10 tahun saja.

Putri tunggal pasangan Budi Wijaya dan Siti Nur Farida tersebut sudah tercatat sebagai siswa SD pada umur 5 tahun. SMP dan SMA ditamatkan hanya dalam tempo empat tahun. Lebih cepat dua tahun daripada lama studi jalur reguler.

’’Saya tercatat sebagai siswa kelas akselerasi di SMPN 2 Jember. Jadi, saya bisa nempuh pendidikan lebih cepat setahun jika dibandingkan dengan kelas reguler,’’ ujarnya. Percepatan masa studi itu kemudian dia ulangi setelah masuk SMAN 1 Jember. Dia menempuhnya dalam waktu dua tahun saja.

Tidak hanya cepat merampungkan sekolah, Cellina juga tercatat sebagai siswa berprestasi. Sejak SMP, dia menjuarai lomba bahasa Inggris tingkat kabupaten dan provinsi. Prestasi itu berlanjut di SMA. Pada 2012, gadis cantik tersebut dinobatkan sebagai siswa berprestasi tingkat Jawa Timur.

Prestasi-prestasi yang telah ditorehkan itu mengantar perempuan asal Jember tersebut menjadi mahasiswa kedokteran Unair dengan umur belia, 15 tahun. Meski tergolong masih usia anak SMA, Cellina tidak sulit beradaptasi dengan lingkungan kampus. Terutama dengan mahasiswa yang memiliki rentang usia 2–3 tahun lebih tua kalau dibandingkan dengan dirinya.

Kesulitan justru muncul dari sistem pembelajaran pada awal semester I. Banyak mata kuliah (matkul) yang memiliki kemiripan materi cukup besar dengan pelajaran biologi di SMA. Hal itu cukup membosankan baginya. Bahkan, kondisi yang tidak nyaman tersebut sempat membuat Cellina berniat mengundurkan diri dari pendidikan kedokteran dan beralih ke jurusan lain. ’’Maunya ke bisnis,’’ kata penggemar olahraga basket tersebut.

Kebosanan perlahan hilang saat memasuki semester II. Pembelajaran praktik kedokteran mulai diberikan kepada mahasiswa. Salah satu yang menarik perhatian Cellina adalah matkul anatomi yang memberi kesempatan siswa membedah mayat manusia secara utuh.

Tidak ketakutan ataupun jijik, dia justru menikmati pembelajaran tersebut. Mata kuliah itu membuatnya merasa telah menjadi seorang dokter. ’’Sejak saat itu, saya makin giat belajar dan menekuni kuliah,’’ ucap anggota Center for Indonesian Medical Students Activities (CIMSA) bidang kesehatan masyarakat tersebut.

Kemampuan moncernya itu diakui sang ayah, Budi Wijaya. Sejak kecil, kemampuan putri tunggalnya tersebut terlihat. Cellina bisa membaca sejak usia 4 tahun. Usia 5 tahun, dia sudah lancar menulis. ’’Melihat kelancaran itu, kami coba masukkan ke SD,’’ tuturnya.

Awalnya, Cellina sempat ditolak sekolah karena masih berusia 5 tahun. Namun, melihat anaknya sudah bisa baca dan tulis, sekolah akhirnya menerima. Membaca juga menjadi kegemaran Cellina sejak kecil. Khususnya buku serial komik, kartun, dan fiksi. Kalau sudah baca, Cellina betah sampai berjam-jam. Buku fiksi tebal biasanya rampung dalam waktu dua hari saja. ’’Memang paling suka baca. Sejak SMP terbiasa membaca buku berbahasa Inggris,’’ tandasnya. (JPNN)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!