KPU Sahkan Paparissa Baru – Ambon Ekspres
Pilihan Redaktur

KPU Sahkan Paparissa Baru

Louhenapessy Sampaikan Terima Kasih 

AMBON, AE—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon akhirnya menetapkan Richard Louhenapessy dan Syarif Hadler (PAPARISSA BARU) sebagai Walikota dan Wakil Walikota Ambon terpilih. Louhenapessy mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah memilih mereka.

Penetapan Richard dan Syarif berdasarkan SK Nomor 08/PL.03.7/KPT/8171/KPU-KOT/III/2017 yang dibacakan dalam rapat pleno KPU Kota Ambon tentang penetapan pasangan calon terpilih di Kantor KPU Maluku, Rabu (115/3).

SK tersebut telah diserahkan kepada Richard. “Hasil rapat pleno terbuka, tentunya PAPARISSA BARU yang ditetapkan sebagai calon walikota dan wakil walikota terpilih. Dan KPU sudah serahkan kepada walikota terpilih Pak Richard Louhenapessy. Selanjutnya akan kita serahkan ke Panwaslih Kota Ambon,” tandas Ketua KPUD Kota Ambon, Marthinus Kainama usai rapat pleno terbuka di KPU Provinsi Maluku, Rabu (15/3).

Dikatakan, KPU Kota Ambon akan terus melakukan pengawasan atau pantauan terhadap segala proses pengusulan yang akan disampaikan ke DPRD Kota Ambon untuk dilanjutkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI lewat Gubernur Maluku.

“Semua proses pengusulan yang akan dilakukan menuju pelaksanaan pelantikan nanti, akan terus kita pantau. Memang KPU punya kewenangan hanya sampai pengusulan saja. Dan soal waktu pelantikan menjadi kewenangan pemerintah,” terangnya.

Komisioner KPU Kota Ambon, M Shaddek Fuad menjelaskan, KPU berencana menyurati pihak DPRD untuk memberitahukan bahwa KPU telah melakukan penetapan terhadap pemenangan pilkada 15 Februari 2017 untuk Kota Ambon.

“Penetapan terhadap pasangan pemenang pilkada 15 Februari sudah kita lakukan tadi (kemarin) dan telah di SK-kan dengan Nomor 08/PL.03.7/KPT/8171/KPU-KOT/III/2017 tertanggal 15 Maret 2017. Dan besok (hari ini) KPU akan menyampaikan usulan ke DPRD Kota Ambon,” kata Shaddek.

Koordinator Divisi Hukum ini juga menuturkan, keterlambatan penetapan pemenang pilkada, lantaran ada surat yang dilayangkan oleh KPU RI. Dimana pihak penyelengara (KPU) yang tidak berproses di Mahkamah Konstitusi (MK) harus mengantongi surat tidak berperkara di MK, untuk melakukan pleno penetapan calon terpilih.

Walikota terpilih, Richard Louhenapessy menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kota Ambon yang telah memberikan kepercayaan bagi dirinya dan Syarif Hadler untuk memimpin Kota Ambon lima tahun ke depan.

“Saya ingin sampaikan terima kasih banyak kepada masyarakat Kota Ambon yang telah banyak memberikan dukungan kepada saya dan pak Syarif sebagai Walikota dan Wakil Walikota Ambon lima tahun kedepan. Ini tugas yang harus dirampungkan setelah lima tahun yang lalu, saya benahi kota ini. Kali ini kita rampungkan lagi dengan harapan berdampak besar bagi kesejahteraan rakyat Kota Ambon,” tandas dia.

Ketua DPD II Golkar Kota Ambon ini menilai, PAPARISSA BARU patut memberikan selamat bagi pihak penyelenggara dan pihak keamanan. Yakni KPU dan TNI/Polri, yang secara professional telah membantu jalannya proses pilkada dengan aman dan damai.

‘’Kepada KPU dan juga TNI/Polri yang telah bekerja secara professional menjaga dan melaksanakan pilkada ini dengan baik. Dimana ini menjadi contoh yang baik, yang mana tidak ada hambatan bahkan tingkat kecurangan pun hampir tak terasa,” puji dia.

Menurutnya, masyarakat Kota Ambon telah menunjukkan tingkat kedewasaan dalam berpolitik. Dirinya sempat menyinggung soal kinerja tiga partai untuk kemenangan PAPARISSA BARU, yang terbukti bisa bekerja keras dengan mengalahkan sejumlah partai-partai besar.

“Walaupun tiga mesin, tapi ternyata bisa melaju cepat dari mesin yang banyak. Karena ternyata arus laut sangat kondusif untuk kita. Dengan terpilihnya kami, maka tidak ada lagi pro kontra. Jadi kita betul berjuang untuk Kota Ambon,” pungkasnya.

Sekedar tahu, pasangan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler memperoleh 82.904 suara. Sementara pasangan calon Paulus Kastanya–Sam Latuconsina (PANTAS) hanya mampu meraih suara sebanyak 68.679 suara.

Sementara itu, penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) terpilih, Yasin Payapo-Timotius Akerina akan dilakukan hari ini. Tiga pemenang lainnya, yakni pasangan Petrus Fatlolon-Agustinus Uruwatuw (Maluku Tenggara Barat), Ramly Umasugi-Amus Besan (Buru) dan Abau Tuasikal-Marlatu Leleury (Maluku Tengah) belum ditetapkan, karena hasil Pilkada di daerah-daerah digugat ke MK.(ISL)

Click to comment

Most Popular

To Top