Wings Air Terbang Perdana Ambon – Dobo – Ambon Ekspres
Ragam

Wings Air Terbang Perdana Ambon – Dobo

AMBON, AE–Keinginan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Aru agar ada tambahan maskapai penerbangan yang melayani kebutuhan masyarakat di daerah itu terpenuhi. Rabu (29/3) maskapai penerbangan Wings Air untuk pertama kali melakukan penerbangan langsung dari Kota Ambon menuju Dobo, ibukota Kabupaten Kepulauan Aru.

Tepuk tangan menggema di dalam kabin pesawat Wings Air ATR 72-600 pukul 09.48 WIT, ketika roda pesawat mendarat mulus dilandasan pacu Bandara Rar Gwamar Dobo. Pesawat yang diterbangkan pilot Captain Richard Saerang ini menempuh perjalanan 2 jam dari Bandara International Pattimura Ambon.

Di bandara Dobo, ratusan warga antusias menunggu kedatangan pesawat. Ini memang spesial. Setelah bertahun-tahun diperjuangkan, akhirnya ada juga maskapai penerbangan lain bisa melayani masyarakat di Bumi Jargaria.

Tidak heran, walaupun sederhana, namun masyarakat sangat spontan dan emosional menyambut penerbangan perdana Wings Air ini. Teriakan-teriakan terima kasih terluncur dari mulut warga kepada maskapai Lion Air Group ini.

Bahkan ada spanduk yang spontan dituliskan warga setempat berisikan ucapan terima kasih kepada Wings Air atas kehadirannya di Kabupaten Kepulauan Aru.

Wakil Bupati Aru, Muin Sogalrey SE, Area Manager Lion Air Group Maluku-Papua Ramli Makawimbang SE serta muspida setempat menyambut langsung Direktur Operasional Wings Air, Captain Redi Irawan bersama Kapolres Aru AKBP Adolof Bormasa dan 69 penumpang lain yang ikut dalam penerbangan perdana itu.

Kehadiran pesawat ini disambut acara adat singkat oleh tua-tua adat di Aru. Mereka mendoakan semoga penerbangan yang dilakukan Wings Air di Aru berjalan lancar dan para penumpang bisa tiba ditujuan dengan selamat.

Menurut Sogalrey, kehadiran Wings Air di Dobo merupakan kerinduan pemerintah dan masyarakat di Aru. ‘’Kehadiran Wings Air di Aru merupakan hasil perjuangan panjang pemerintah kabupaten dan masyarakat serta stakeholder terkait. Dan setelah diteliti ternyata Bandara Rar Gwamar Dobo ini sudah layak didarati pesawat ini.

Kita bersyukur dan mari bersama dengan adanya penerbangan ini kita bangun daerah ini dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kita berterima kasih dan menyampaikan penghargaan kepada Wings Air dan kiranya niat baik ini mendapat berkah di Bumi Jargaria,’’ tandas dia.

Sementara itu, Captain Redi Irawan dalam sambutannya turut menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dan stakeholder yang turut memperjuangkan kehadiran maskapai ini di Kepulauan Aru. ‘’Ini merupakan perjuangan yang sangat panjang. Kita bersyukur karena kami bisa hadir bersama dengan saudara-saudara kami di Kabupaten Kepulauan Aru.

Kami berharap Wings Air bisa membantu meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di daerah ini. Kami siap membawa investor maupun turis untuk turut memajukan daerah ini,’’ tandas dia.

Dikatakan, Wings Air akan melakukan penerbangan setiap hari dari Ambon ke Dobo dan sebaliknya dari Dobo ke Ambon. ‘’Jadi Wings Air akan hadir melayani penerbangan di daerah ini setiap hari.

Penerbangan dilakukan dari Bandara Pattimura Ambon pukul 07.40 WIT. Kami berharap kehadiran kami berdampak positif bagi pembangunan di daerah ini. Untuk harga tiket juga ada standar yang diberlakukan,’’ tandas dia.

Menurut dia, penerbangan ke Dobo juga sudah melalui tahapan-tahapan tertentu termasuk uji kelayakan Bandara Rar Gwamar Dobo. ‘’Jadi bandara juga sudah memenuhi syarat dari uji kelayakan yang dilakukan Direktorat Perhubungan Udara,’’ terangnya.

Dirinya menambahkan, kehadiran Wings Air ini murni untuk melayani masyarakat di daerah ini. ‘’Jadi kehadiran kami disini murni untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah ini. Karena makin banyak masyarakat terlayani maka daerah ini akan semakin terbuka untuk maju,’’ tutur dia.

Achy Mussa, salah satu ASN di Kabupaten Kepulauan Aru menyambut baik kehadiran Wings Air di Dobo. Menurut dia, selama ini kabupaten itu hanya dilayani satu maskapai penerbangan.

Akibatnya harga tiket untuk penumpang yang akan berangkat ke Ambon dan sebaliknya sangat tinggi. ‘’Tiket pesawat selama ini sangat tinggi. Bisa mencapai Rp 1,9 juta. Namun dengan kehadiran Wings Air ini harga tiket bisa lebih turun dari sebelumnya,’’ terang dia.

Hal yang sama dituturkan Oscar. Menurut dia, kehadiran maskapai ini diharapkan bisa membantu masyarakat dalam akses transportasi terutama menuju Ambon. ‘’Selama ini hanya ada satu maskapai penerbangan yang melayani masyarakat Aru.

Akibatnya harga tiket cukup tinggi. Tentu kami berharap kehadiran Wings Air bisa lebih membantu masyarakat Aru. Tentu harga tiket diharapkan bisa lebih murah dari sebelumnya,’’ tutur dia.(***)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!