Tunggu Petunjuk KPU Pusat – Ambon Ekspres
Amboina

Tunggu Petunjuk KPU Pusat

AMBON, AE–Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Musa Latua Toekan mengatakan, pihaknya masih menunggu petunjuk dari KPU pusat untuk melakukan verifikasi partai politik peserta Pileg 2019. Termasuk terhadap partai yang memiliki dua kepengurusan.

‘’Hingga kini, kami masih menunggu arahan atau petunjuk dari KPU RI. Karena memang belum ada petunjuk dari Jakarta. Sehingga belum bisa kita pastikan verifikasi akan seperti apa. Dan soal partai yang sempat dualisme, nanti setelah petunjuk turun dari pusat, baru kita bisa mengetahui secara jelas,” tandas Toekan kepada Ambon Ekspres, Jumat (31/3).

Diakuinya, akan ada verifikasi faktual dari masing-masing partai. Ini terkait kepengurusan 75 persen tingkat kabupaten/kota, sekretariat atau kantor pengurus serta keterwakilan perempuan. “Kita masih berkoordinasi dengan KPU RI. Karena KPU RI sementara menunggu Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada yang sementara dibahas di DPR RI.

Sehingga belum ada petunjuk soal verifikasi seluruh partai politik. Baik partai yang telah berproses pada 2014 lalu, maupun partai politik yang baru mengikuti tahapan pileg 2019,” tutur dia.

Dia menjelaskan, verifikasi parpol tingkat kabupaten dan kota akan dilakukan oleh provinsi. Selanjutnya, akan disampaikan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan kemudian dilaporkan ke KPU RI.

Setelah itu, lanjut Toekan, KPU RI menyampaikan ke KPU di masing-masing daerah. Sehingga dilanjutkan untuk tahapan berikutnya. “Jadi nanti kita terima dokumen dari KPU RI baru kita lanjutkan tahapan selanjutnya. Karena nanti dari daerah kan menyampaikan ke pusat dan dilanjutkan ke KPU RI.

Dan sampai saat ini kita belum tahu pasti kapan petunjuk tersebut turun dari KPU RI. Intinya kita sementara menanti,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dari 12 partai politik yang berproses pada Pileg 2014 lalu, baru sebagian partai yang sudah mempersiapkan diri dan melakukan verifikasi menghadapi pemilu 2019. Bahkan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) akan membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif pada April ini.(ISL)

Most Popular

To Top