Siap Ekspor Dari Ambon – Ambon Ekspres
Pilihan Redaktur

Siap Ekspor Dari Ambon

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV, Doso Agung saat memaparkan terkait potensi ekspor langsung dari pelabuhan Ambon, dalam Focus Group Discussion (FGD) Sentralisasi Direct Export Pelabuhan Ambon sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi Maluku, Selasa(21/3).

AMEKS ONLINE, AE-PT Pelindo IV Cabang Ambon siap melakukan kegiatan ekspor langsung dari Pelabuhan Ambon. Potensi ekspor yang bisa dilakukan berkisar 130 kontainer per bulan. Ini sebagai sebagai modal awal untuk menggerakan kegiatan ekspor dari Pelabuhan Ambon. “Dari beberapa daerah yang kami inisiasikan untuk lakukan ekspor langsung potensi yang ada di Maluku cukup besar. Sehingga itu modal awal untuk selanjutnya akan meningkat,” kata Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung dalam Focus Group Discussion (FGD) Sentralisasi Direct Export Pelabuhan Ambon, Selasa (21/3).

Dikatakan, kondisi arus barang di wilayah Timur selama ini tidak berimbangan dengan yang datang dari barat. Namun, Sumber Daya Alam (SDA) di Timur sangat banyak namun tidak diarahkan dengan baik agar meningkatkan kontribusi ke daerah. Menurutnya, masalah ekspor yang selama ini produk dari Ambon harus dibawa ke Surabaya atau Jakarta untuk melakukan sertifikasi dan berdampak pada logistik yang mahal. “Contohnya, ikan harus dikirim ke Surabaya baru sertifikasi disana. Ini yang membuat biaya logistik mahal. Kita tidak akan dapat apa-apa kalau mekanisme itu terus dijalankan. Makanya kami upayakan agar dengan potensi yang ada Suku Findo bisa ada di Maluku untuk mempermudah terkait sertifikasi tersebut,” paparnya.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!