Keamanan Maluku Jadi Perhatian – Ambon Ekspres
Amboina

Keamanan Maluku Jadi Perhatian

AMBON, AE.––Situasi dan kondisi keamanan di Maluku saat ini tidak bisa diragukan lagi. Namun kondisi keamanan yang ada, bukan jaminan bagi pemerintah pusat untuk terus memberikan perhatian keamanan.

Perhatian pemerintah pusat untuk keamanan Maluku ditandai dengan persetujuan naiknya tipelogi Polda Maluku, yang sebelumnya B menjadi A.

“Aspek terpenting yang perlu menjadi catatan ketika memutuskan untuk meningkatkan tipelogi polda, bukan karena faktor meningkatnya ancaman gangguan keamanan dan ketertiban saja, tetapi yang jauh lebih penting daripada itu, ialah seberapa besar persentase penyelesaian gangguan Kamtibmas atau seberapa besar tingkat pencapaian kinerja yang dilaksanakan.

Inilah bentuk perhatian kepada Maluku,” kata Menpan RB Asman Abnur dalam sambutannya yang dibacakan Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan RB, Bambang Sigianto saat pengkuhan Polda Maluku, Rabu (5/4).

Menurut Asman, peningkatan tipelogi polda ini merupakan komitmen Polri dalam meningkatkan pelayanan publik dibidang keamanan dan ketertiban masyarakat. “Ini bukan sekedar apresiasi atau penghargaan tetapi hendaknya perlu diikuti pertanggungjawabkan dan komitmen Polri untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Terutama di Maluku, sesuai dengan tipelogi Polda saat ini,” jelas dia.

Sementara itu Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Irwasum Komjen Polisi Dwi Priyatno mengatakan, peningkatan tipe polda ini dilakukan setelah melalui serangkaian kajian yang konprehensif, dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

Seperti luas wilayah, perkembangan jumlah penduduk, potensi gangguan kamtibmas serta kerawanan transnasional dan kejahatan terhadap kekayaan negara yang berimplikasi pada situasi keamanan.

Tak hanya itu, Maluku yang menjadi salah satu provinsi dengan sumber daya alam yang melimpah, seperti memiliki kilang minyak, gas dan dicanangkan sebagai lumbung ikan nasional dengan produksi mencapai 20 persen skala nasional. “Dengan aspek-aspek itulah sehingga stablitas keaman harus selalu di pelihara agar pembangunan dapat berjalan dengan baik,” jelas Tito.

Dirinya juga meminta kepada seluruh personil jajaran Polda Maluku bahwa tanggungjawab utama adalah meningkatkan kinerja baik dalam pelayanan publik, penegakan hukum maupun pemeliharaan sitkamtibmas.
Kepada wartawan usai upacara, Prayitno mengatakan, untuk kenaikan tipologi polres, pasca pengukuhan tipe polda, menjadi tanggungjawab Polda Maluku untuk memberikan usulan kepada Mabes Polri.

“Polda dan tim akan melakukan kajian kemudian hasilnya akan dilaporkan kepada bapak Kapolri, dimana daerah-daerah yang memerlukan peningkatan tipe polres, karena kita juga terbatas oleh anggaran,” jelas dia.

Dengan keterbatasan anggaran itu, maka tidak semua polres di Polda Maluku akan mengubah tipeloginya. “Yang harus diprioritaskan, sesuai dengan ancamannya, geografisnya tentu ada penambahan.

Namun sementara kita memanfaatkan personil yang ada dulu dengan dibekali pertambahan modernisasi dari IT. Karena kita harus hadir ditengah-tengah masyarakat sesuai dengan tupoksi,” terang dia.

Disinggung soal rencana pembangunan gedung Polda Maluku yang baru, pria dengan tiga bintang dipundaknya itu menambahkan, akan dibangun pada 2018 mendatang. “Kita sudah rencanakan. Mudah-mudahan pemerintah termasuk DPRD bisa di 2018 ini.

Tentunya kita harus ada komitmen dan kita ajukan kepada pemerintah termasuk DPRD. Untuk bintang 2 secara otomatis tidak akan lama juga naik,” kuncinya.(AHA)

Most Popular

To Top