Kejati Tunggu Data Morits – Ambon Ekspres
Amboina

Kejati Tunggu Data Morits

AMBON, AE–Pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku hingga saat ini masih terus menunggu data dugaan suap Rp 5,4 miliar kepada oknum jaksa dilingkup Kejati Maluku dari Morits Latumeten selaku penasehat hukum terdakwa, Hence Abraham Toisuta dan Petro Ridolf Tentua.

“Untuk sementara, kami masih memberikan waktu kepada pak Morits untuk menyerahkan data kepada kami (kejaksaan, red) terkait dugaan suap Rp 5,4 miliar kepada oknum jaksa dilingkup Kejati Maluku,” ucap Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulete.

Dia mengaku, kejaksaan tetap bersikap profesional dalam menampung segalah bentuk informasi dari pihak manapun. Namun bentuk informai yang sifatnya menyerang jaksa dengan tudingan-tudingan yang bersifat dugaan jaksa nakal harus dibuktikan resmi oleh pihak penyampai informasi.

“Kejaksaan tetap bersikap profesional. Artinya, segala bentuk saran maupun laporan dari masyarakat termsuk pelaku profesi akan ditindak lanjuti. Akan tetapi sifatnya diduga laporanya seperti itu juga harus perlu diberikan data otentik sebagai bukti tindak lanjut dan harus dibuktikan,” akui Samy.

Dengan begitu, lanjut dia, terhadap pihak yang menyebarkan informasi dugaaan tadi perlu harus juga bertanggung jawab serta bukti yang kuat. Karena kembali bukan hanya oknum jaksa, akan tetapi ini menyangkut institusi. “Sementara kita terus menunggu data dari Morits. Kalau itu tidak dilakukan langkah hukumnya tergantung pimpinan,” tandas Samy.

Diketahui, Morits Latumetten membeberkan adanya dugaaan oknum jaksa dilingkup Kejati Maluku yang diduga menerima suap senilai Rp 5,4 miliar dari Costarito Tee selaku pemilik lahan dan gedung kantor cabang PT Bank Maluku dan Maluku Utara di Surabaya tahun 2014 yang saat itu masih dalam tahap penyidikan.

Tidak diketahui oknum jaksa siapa yang dia sebutkan. Akan tetapi Morits mengaku suap tersebut bertujuan untuk tidak ikut menjerat pemilik lahan dalam kasus yang diduga merugikan keuangan negara senilai Rp 5,4 miliar.

Ketua DPD Peradi Maluku, Anthoni Hatane kepada Ambon Ekspres mengaku, Morits Latumeten yang juga anggota dari DPD Peradi itu akan menyerahkan data ke kejaksaan. “Bagi kami Morits tetap akan menyerahkan dugaan bukti-bukti atau data tersebut ke kejaksaan.

Dan kalau misalnya jaksa menempuh jalur hukum kepada Morits maka terlebih dahulu akan diperiksa oleh Dewan Kehormatan Peradi yang terdiri dari unsur DPN dan DPD,” tandas dia.(MG1)

Click to comment

Most Popular

To Top