3 Pasang Bupati-Wabup Disahkan – Ambon Ekspres
Hukum & Politik

3 Pasang Bupati-Wabup Disahkan

AMBON, AE.—Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Maluku Tengah, Maluku Barat Daya (MBD) dan Buru, telah menetapkan tiga pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Kamis (6/4). Penetapan itu dilakukan karena semua laporan dugaan pelanggaran di Mahkamah Konstitusi (MK) ditolak.

“Hari ini (kemarin) KPU Maluku Tengah, MTB dan Buru, telah menetapkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Penetapan di tiga daerah ini mengalami keterlambatan karena, ada gugatan dugaan pelanggaran yang diproses sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK), yang saat ini sudah diselesaikan,” ujar Ketua KPU Maluku Musa Teokan kepada Ambon Ekspres via seluler.

Tiga pasangan calon yang ditetapkan, yakni Bupati dan wakil Bupati Buru Ramly Umasugi-Amus Besan, Bupati dan wakil Bupati MTB Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly dan Bupati dan wabup Maluku Tengah, Abua Tuasikal-Marlatu Leleury.

Setelah penetapan, KPU akan menyampaikan pengesahannya ke DPRD setempat untuk dilakukan rapat paripurna. Selanjutnya DPRD kembali menindaklanjuti, ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Maluku, untuk proses pembuatan SK. Dan juga masalah penetapan waktu pelantikan.

“KPU berkewajiban untuk menyampaikan laporan dan pengesahan penetepan itu, ke DPRD untuk ditindak lanjuti kepada Gubernur. Kemudian Gubernur kembali mengusulkan ke Mendagri. Karena aturannya memang seperti itu ” katanya.

Dia memastikan, dengan adanya penetapan itu kemungkinan pelantikan bisa dilakukan secara serentak untuk lima daerah, yakni kota Ambon, Maluku Tengah, Seram Bagian Barat (SBB) Maluku Barat Daya (MBD) dan Buru.

“Saya kira, kalau penetapan ketiga daerah ini sudah dilakukan. Kemungkinan saja pelantikan bisa dilakukan secara serempak. Namun terkait itu, wewenangnya ada pada Pemerintah daerah dan Mendagri, bukan lagi KPU. Wewenang KPU hanya sampai dipenetapan, dan pengusulan ke DPRD saja,”tukasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya dalam rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, ketua KPU Buru Munir Soamole menjelaskan, penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati sudah rampung berdasarkan pleno rekapitulasi nomor 56/KPU/Kab.Buru/009.433.691/II/2017, tentang rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan hasil Pilkada 2017.

Ramly Umasugi dan Amus Besan keluar sebagai pasangan calon dengan suara terbanyak, yaitu sebesar 41.678 suara, atau 58.9 persen dari total suara sah sebesar 70.694. Sedangkan pasangan Bakir Lumbessy-Amrullah Madani Hentihu (BARU) 29.016 suara atau 41,1 persen.(WHB/DHE)

Click to comment

Most Popular

To Top