Menteri Luhut Apresiasi Musrenbang di Kapal – Ambon Ekspres
Amboina

Menteri Luhut Apresiasi Musrenbang di Kapal

AMBON, AE.––Menteri Kordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengapresiasi pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) bersama Provinsi Maluku dan Maluku Utara yang dilaksanakan diatas KM Doro Londa. Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan ketika kapal bersandar di Pelabuhan Samudera Kota Bitung, Jumat (8/4).

‘’Saya apresiasi ini dimana dua provinsi bisa melaksanakan Musrenbang dan membahas program prioritas untuk tumbuh dan berkembangnya daerah secara bersama,’’ terangnya.

Dikatakan, Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat dikelola dengan baik demi kesejahteraan masyarakat. Dirinya mengakui bahwa akses transportasi merupakan masalah utama di kedua daerah ini untuk mengelola SDA. Namun kondisi ini hendaknya tidak menjadi hambatan.

‘’Pemerintah tetap melihat langkah daerah menata dan mengelola program yang ada untuk kesejahteraan dan kemajuan daerahnya. Olehnya itu butuh kekompakan dan kerjasama hingga ke tingkat desa,’’ terangnya.

Menurutnya, pemberdayaan masyarakat dan pengawasan juga bisa dilakukan melalui pemberian ADD sehingga masyarakat juga bisa menikmati pembangunan. ‘’Lewat momen ini hendaknya kerjasama terus terjalin khususnya untuk pembangunan di Indonesia Timur,’’ tandas dia.

Gubernur Maluku Said Assagaff yang mewakili kedua provinsi mengatakan, musrenbang yang dilaksanakan bersama ini karena kedua daerah memiliki kesamaan. Baik secara geografis maupun SDA. “Kami melaksanakan musrenbang bersama ini karena mengingat keduanya memiliki kesamaan. Kami berharap potensi kedua daerah di bidang kemaritiman dapat dikembangkan dan menjadi perhatian pemerintah pusat,” jelas Assagaff.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Sekda Maluku Hamin Bin Thahir, Wali Kota Bitung Maximilian Lomban, Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting serta seluruh bupati dan wali kota dari Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara.

COPOT PEJABAT
Sementara itu, Dirjen Administrasi Wilayah Kemendagri, Eko Subowo mendukung langkah tegas Gubernur Said Assagaff untuk mencopot pejabat yang tidak menghadiri Musrenbang di KM Dorolonda.

“Saya mendukung langkah tegas yang diambil Gubernur Maluku. Ini langkah yang tepat, karena kepala dinas, kepala biro maupun kepala seksi lebih tahu apa yang akan direncanakan dan dikerjakan oleh instansi masing-masing yang dibahas dalam musrembang ini,” kata Eko Subowo di sela-sela acara tersebut.

Menurut Eko, jika para pejabat yang tidak hadir, maka siapa yang mau membahas masalah-masalah teknis terkait bidang mereka. Sehingga dirinya, sangat mendukung apa langkah Gubernur Assagaff untuk memberikan sanksi kepada mereka. “Ini masalah besar, yang memang harus disikapi. Dan bagi saya langkah pak gubernur itu tepat sekali,” tuturnya.

Sebelumnya saat membuka Musrenbang Bersama di KM Dorolonda yang berlayar dari Ambon (Maluku) dengan rute ke Ternate (Maluku Utara), Bitung (Sulawesi Utara), lalu balik lagi ke Ternate dan Ambon ini, Gubernur Assagaff menegaskan akan mencopot pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak menghadiri musrenbang.

“Saya minta dicatat, iapa-siapa saja kepala dinas, biro dan badan yang tidak hadiri musrenbang. Rabu (pekan) depan, akan saya ganti. Ini serius pak sekda. Saya tidak main-main,” ujar Assagaff.

Assagaff menyatakan tidak habis pikir ada pejabat yang tidak hadir di musrembang ini. Padahal tanggungjawab dan perencanaan ada di tangan para pejabat tersebut.

“Musrembang merupakan hal yang penting dalam merancang pembangunan daerah, terutama Provinsi Maluku. Musrembang menjadi perhatian sangat serius bagi saya dan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua,” terangnya.(KIE)

Most Popular

To Top