Tidak Ada Kebocoran UN di Maluku

by

Dikatakan, untuk kerahasian soal-soal yang digunakan oleh para pelajar, dijamin tidak akan bocor. Hal itu tidak lain karena setiap siswa memiliki soal tersendiri. “UNBK maupun UNKP itu, soalnya berbeda-beda. Jangankan untuk perserta sesi berikutnya, mereka yang ujian bersamaan saja soal berbeda. Apalagi sesi-sesi berikutnya. Itu sangat berbeda lagi. Jadi kalau bocor itu, sangat tidak mungkin,” paparnya.

Kesaulija menegaskan, soal UNBK tidak menggunakan keamanan, karena soal itu tidak bisa dijebol oleh pihak manapun. Lantaran server UNBK itu berada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. “Servernya dipusat, jadi sulit terjadi. Begitu pula dengan UNKP, soal-soalnya semua langsung dari pusat. Kita di provinsi saja tidak bisa mengetahui itu. Kunci jawaban itu, semuanya ada dipusat. Jadi kalau namanya bocor itu tidak ada,” tegas dia.

Sementara itu, Gubernur Maluku Said Assagaff membuka sampul pelaksanaan UN dipusatkan di SMA Negeri 1 Ambon. Menurut gubernur, ada tiga faktor yang kedepan nanti menjadi primadona bagi Pemprov Maluku, salah satunya pendidikan. ‘’Kedepan ini pendidikan, kesehatan dan pariwisata primadona kita untuk bisa dianggarkan lebih banyak. Persiapan UN sangat matang sekali. Anak-anak kita juga sudah mempersiapakan diri dengan baik,” kata Assagaff usai membuka sampul soal UN di SMA Negeri 1 Ambon, Senin (10/4) pagi.

2 of 3