Wajib Dibaca! Pertolongan Pertama Jika Terkena Air Keras – Ambon Ekspres
Kesehatan

Wajib Dibaca! Pertolongan Pertama Jika Terkena Air Keras

Ilustrasi Cuci Muka
AMEKS ONLINE, AMBON – Panik adalah sebuah kondisi pertama kali yang dirasakan jika seseorang mengalami serangan air keras. Rasa perih dan panas seperti terbakar di bagian kulit tak bisa ditahan.

Kejadian ini juga dirasakan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan yang terkena siraman air keras tadi pagi (11/4).

Sejumlah pertolongan pertama bisa diberikan kepada korban penyiraman air keras. Dokter Spesialis Bedah Plastik Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Bismedi menjelaskan air keras yang digunakan untuk melukai.

Novel adalah sebuah cairan kimia asam kuat atau basa kuat. Untuk membuat cairan itu lebih netral saat melukai kulit, maka bersihkan luka dengan air mengalir.

“Tentu ini berbahaya bagi manusia karena air biasa memiliki tingkat keasaman (pH) yang normal atau netral. Ini tergantung, harus cepat-cepat dinetralisir. Misalnya terkena paparan air keras, jadi harus segera diencerkan dengan air mengalir,” katanya kepada JawaPos.com, Selasa (11/4).

Upaya itu, lanjut Bismedi, bertujuan agar daya rusaknya cepat dinetralisir. Artinya, cairan air keras itu dibuat menjadi pH yang mendekati netral.

“Hal ini berbeda dengan luka bakar karena api. Luka karena siraman air keras adalah luka bakar kimia,” ungkapnya.

Setelah itu, korban kemudian diberi penanganan medis oleh tim dokter. Menurut Bismedi, korban luka akibat serangan air keras tak selalu menjalani operasi.

“Enggak harus operasi sih, tergantung lama kontak dan tergantung jenis cairannnya. Karena ada tingkat (grade) seberapa parahnya,” pungkas Bismedi. (Fajar/JPG/ambon)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!