Jaksa Kantongi Nama Tersangka Korupsi PNPM – Ambon Ekspres
Politik

Jaksa Kantongi Nama Tersangka Korupsi PNPM

AMEKS ONLINE – Tim Penyidik kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah, telah mengantongi  nama tersangka korupsi Dana Program PNPM Generasi Sehat dan Cerdas (GCS) Kecamatan Teon Nila Serua (TNS), tahun 2014-2015 senilai Rp 1,7 miliar. Siapa yang menjadi tersangka, jaksa belum mau membukanya.

Ekspose perkara ini juga dilaksanakan tim Kejari dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Maluku. Kasipdisus Kejari Malteng, Manatap Siregar kepada Ambon Ekspres, Selasa (18/4), mengatakan gelar ekspos perkara dengan BPKP bertujuan untuk kepentingan Tim auditor BPKP dalam menghitung kerugian keuangan negara.

“Agendanya tadi Jam 14.00 siang (Kemarin-red) kami melaksanakan ekspose gelar perkara dengan BPKP. Tujuanya untuk kepentingan BPKP dalam menghitung kerugian keuangan negara berdasarkan data dan dokumen yang kita serahkan,” jelas Siregar.

Dia mengatakan,  untuk sementara tim penyidik telah mengantongi nama tersangka dalam kasus tersebut. Namun, langkah penetapan tersangka oleh penyidik akan ditentukan setelah mengantongi hasil audit klerugian keuangan negara dari BPKP.

“Kam sudah kantongi nama tersangkanya. Tapi, nantilah resminya kita akan sampaikan setelah hasil audit kita kantongi dan ekspose secara internal oleh tim dan pimpinan,” akui Siregar.

Dari perhitungan kerugian keuangan negara sementara oleh tim penyidik, lanjut Siregar, ditemukan kerugian keuangan negara mencapai Rp 1 miliar lebih dan untuk memperjelas maka harus ada audit dari lembaga auditor.

Seperti diberitakan, Bendahara PNPM GCS, Natalia Moningka diduga memalsukan tanda tangan ketua pokja dan para penerima untuk mencairkan dana. Setelah itu, dana tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi.

Penanganan kasus ini sudah dinaikan ke tahap penyidikan saat ekspos tim penyidik Kejari Maluku Tengah dan Kejati Maluku, Rabu (5/4) lalu. Terhitungan sejumlah saksi-saksi sudah diperiksa ditahap penyidikan dan terungkap adanya indikasi keterlibatan Bendahara Natalia Moningka menggarap dana PNPM GCS untuk kepentingan pribadi. (MG1)

Most Popular

To Top