Teror Bom di Waesamu – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Teror Bom di Waesamu

Aparat keamanan TNI/Polri membuka akses jalan di Desa Waesamu yang sempat diblokir warga setempat

AMEKS ONLINE.-Aksi teror bom oleh orang tak bertanggungjawab mengusik ketenangan warga di Desa Waesamu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Kini aparat kepolisian sedang berusaha mengungkap peristiwa itu.
Informasi yang dihimpun koran ini menyebutkan, ketenangan warga terganggu ketika terjadi 2 ledakan bom rakitan di Desa Waisamu, Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten SBB, Selasa (18/4).

Ledakan terjadi sekira pukul 03.30 WIT, Warga yang tengah tertidur lelap terkejut dan panik saat mendengar 2 kali bunyi ledakan bom.  Dua  ledakan itu terjadi tepatnya didepan rumah mantan Raja Waisamu, A Reunussa dan dikawasan pepohonan kelapa tepatnya didepan kediaman milik keluarga W Latupeirissa di desa tersebut.

Tak ada korban jiwa dari tiga peristiwa ledakan itu. Namun, warga Waisamu yang kesal kemudian memblokir jalan Trans Seram di desa mereka. Aksi blokir jalan oleh warga itu dilakukan dengan menebang pohon sepanjang Desa Waisamu.

Akibatnya arus lalulintas menuju Waipirit maupun menuju Piru lumpuh total. Sebagian besar kendaraan yang hendak melintasi Desa Waisamu terpaksa memilih berbalik dan tidak melanjutkan perjalanan mereka.

Sekira pukul  06.30 WIT, Kapolres SBB AKBP Agus Setiawan yang didampingi sejumlah perwira mendatangi dua lokasi ledakan bom. Mereka langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memasang garis polisi (police line), guna melakukan penyelidikan. Kapolres bersama Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Ahmad Fikri Dalimunthe juga meminta warga Waisamu untuk membuka akses jalan agar tidak mengganggu aktivitas warga lain. Namun permintaan itu sempat ditolak warga.

“Kami minta Pemkab SBB dan kepolisian untuk mengungkap pelaku peledakan bom dalam jangka waktu satu minggu kedepan. Jika tidak warga kembali melakukan pemblokiran jalan sebagai wujud dari ketidakpuasan terhadap kinerja pihak kepolisian,” tegas Penjabat Desa Waisamu, Siwalette S dalam pertemuan di Waesamu.

Direktur Reskrimum Polda Maluku, Kombes Polisi Gupuh Setiyono yang dikonfirmasi, membenarkan peristiwa itu. ‘’Kita sudah bisa indentifikasi bomnya. Kesingnya sudah diamankan Satreskrim Polres SBB yang dibackup dari tim inafis kami dan Gegana Polda Maluku. Suara ledakannya cukup besar tapi  daya hancurnya lemah. Itu jenis bom pipa,” jelas dia.(AHA)

Click to comment

Most Popular

To Top