Upayakan Tangani Penderita Kronis – Ambon Ekspres
Kesehatan

Upayakan Tangani Penderita Kronis

ilustrasi

AMEKS ONLINE, AMBON–Warga di daerah ini khususnya yang bermukim di daerah terpencil mulai dihebohkan dengan munculnya sejumlah penyakit kronis dan berbahaya. Dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, harus lebih berperan aktif guna melakukan pendataan maupun pertolongan terhadap mereka.
Berdasarkan catatan yang diperoleh koran ini, kasus penyakit aneh itu mulai terungkap pada Maret, dengan penderitanya Nahla Namma. Remaja belasan tahun asal Desa Sepa, Kabupaten Maluku Tengah ini kini masih menjalani perawatan medis dengan bantuan biaya dari pemerintah dan pihak terkait.
Kemudian ada kasus Cristiano Jamlean (3). Bocah asal Desa Sathean, Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, itu menderita peradangan pada mata bagian kanan. Jamlean sudah dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta untuk mendapatkan perawatan intensif. Dibiayai Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dan bantuan dana yang digalangkan Yayasan Tali Kasih.
Awal April kemarin diketahui ada Saiman (24), Sartika (18) dan Aisah (10 tahun). Tiga bersaudara anak dari pasangan suami-isteri Slamet Riyono dan Samini, warga desa Rukun Jaya Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Timur yang menderita lumpuh sejak lahir. Kini mereka mulai mendapat perawatan medis di RSUD Bula.
Ada juga, Aca Manipi (39), warga Desa Dulak, Kecamatan Pulau Gorom, Kabupaten SBT. Sudah 3 tahun menderita tumor ganas di pipi kirinya.

Prev1 of 4

Click to comment

Most Popular

To Top