22 Catatan Buat Pemkot

by
SAHDAN FABANYO/AMEKS REKOMENDASI Rapat Paripurna ke-3, penyampaian pokok pikiran dalam bentuk rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Ambon, tahun anggran 2016, di ruang Paripurna DPRD Ambon, Jumat (21/4).

“Penyaluran dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD), DPRD meminta pemerintah kota agar dinas terkait dapat menyelesaikan masalah yang ada di desa/negeri dalam pemanfaatan dan laporan pertanggungjawaban DD dan ADD di setiap desa/negeri. Dan pemerintah kota segera menyelesaikan tunggakan realisasi kegiatan 2016, baik dana DAK maupun APBD. Serta menyelesaikan kegiatan program tahun 2016 yang belum selesai,” kata, Anggota DPRD Ambon Juliana Pattipeilohy, saat menyampaikan rekomendasi DPRD Ambon, di ruang paripurna DPRD Ambon, Jumat (21/4).

Dalam sejumlah rekomendasi tersebut, berdasarkan dokumen LKPJ 2016, belum dilampirkan data masyarakat miskin. Sehingga tidak diketahui apakah terjadi penurunan atau kenaikan masyarakat miskin. DPRD pun meminta pemerintah kota Ambon menyajikan data kemiskinan secara akurat. Agar dapat mengukur tingkat kemiskinan masyarakat di kota Ambon.

“Terkait realisasi pembangunan pasar di kota Ambon, DPRD meminta pemerintah kota Ambon agar pasar yang telah dibangun dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Serta perencanaan pembangunan pasar-pasar berikutnya, harus dikaji sebaik mungkin,” tambah Pattipeilohy.

Penjabat Walikota Ambon, Frans J Papilaya, mengatakan rekomendasi DPRD Ambon, merupakan catatan penting yang berisikan saran dan masukan terhadap kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah. Dan akan menjadi catatan penting dan strategi bagi pemerintah kota dalam menata dan memperbaiki di tahun mendatang. “Dan beberapa diantara rekomendasi ini, berguna menjadi bahan penyusun isu strategi daerah, pada penyusunan rancangan awal sementara RPJMD kota Ambon periode 2017-2022,” tandas Papilaya. (ISL)

2 of 2Next