Jaksa Segera Tetapkan Tersangka Korupsi PNPM – Ambon Ekspres
Politik

Jaksa Segera Tetapkan Tersangka Korupsi PNPM

Robinson Sitorus

AMEKS ONLINE, -Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (kejari) Masohi memastikan akan menetapkan tersangka setelah mengantongi hasil audit kerugian keuangan Negara oleh BPKP perwakilan Maluku atas kasus dugaaankorupsi anggaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM) Mandiri dan dana kesehatan gigi Masyarakat di Kecamatan Teon Nila Serua (TNS) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Tahun 2014 dan 2015 senilai Rp. 1,2 miliar.

Kepala Kejaksaan Negri (Kejari) Maluku Tengah, Robinson Sitorus kepada Ambon Ekspres beberapa waktu lalu mengaku, telah melakukan ekspose di BPKP untuk melaksanakan audit kerugian keuangan Negara dalam kasus tersebut. setelah itu, akan menentukan tersangka setelah BPKP selesai melaksanakan audit kerugian negara.

“Ya, harapannya dalam waktu yang tidak lama sudah kita tetapkan tersangka, yang penting BPKP telah selesai melakukan audit dan menyerahkan kepada kami,” tegas Sitorus.

Menurutnya, berdasarkan pada putusan MK yang baru, penetapan tersangka korupsi oleh suatu lembaga penegak hukum harus didasari dengan audit kerugian  keuangan Negara dari lembaga terkait yakni, BPKP dan BPKP.

“Meskipun kasusnya sudah dalam tahap penyidikan, akan tetapi penetapan tersangka itu harus didasari dengan audit kerugian keuangan negara dari BPK atau BPKP itu dikuatkan dalam putusan MK yang baru,” jelas Sitorus.

Dia mangaku, perhitungan sementara tim penyidik atas kasus yang diduga melibatkan Bendahara Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Gerakan Sehat Cerdas (GSC) Nathalia Moningka  ini diduga merugikan keuangan Negara kurang lebih Rp. 1,2 miliar. “Kalau dari hasil perhitungan kami sih, nilaikerugianya kurang lebih Rp. 1,2 miliar. Nanti kita lihat saja hasil audit dari BPKP dan harapanya bisah dipercepat,” ujar Sitorus.

Dia menambahkan, anggaran Rp1,2 M yang dikelola oleh BSC merupakan anggaran tahun 2014 dan 2015.”Anggaran 1,2 milyar tersebut merupakan anggaran tahun 2014 dan 2015 yang diberikan oleh Negara kepada BSC dalam kegiatan PMPM Mandiri dan pemeriksaan kesehatan gigi bagi masyarakat TNS,” tandas Sitorus. (MG1)

Most Popular

To Top