Samanery Kembali Pimpin IJTI Maluku – Ambon Ekspres
Pilihan Redaktur

Samanery Kembali Pimpin IJTI Maluku

Pelantikan Ketua dan Pengurus baru Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Maluku, oleh Sekjen IJTI Pusat, Sabtu (22/4).-LUTFI HELUTH

AMEKS ONLINE,-Juhri Samanery, Kontributor SCTV untuk Maluku, kembali terpilih untuk memimpin Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Maluku. Samanery terpilih secara aklamasi setelah peserta Musda II,  yang terdiri dari jurnalis televisi di Maluku, secara bulat memberikan dukungan penuh kepadanya.

Tak mau berlama-lama setelah dipercayakan memimpin organisasi tersebut, Samanery langsung menyusun komposisi pengurusnya, dengan masa bakti 2017-2020, guna dilantik oleh Sekeretaris jenderal (Sekjen) IJTI Pusat. Sabtu (22/4) kemarin.

Samanery mengatakan, diera kepemimpinan yang kedua kalinya ini, akan mengalami perubahan bila dibandingkan dengan periode yang lalu. Hal itu ditandai dengan adanya sejumlah program kerja yang akan dilakukan oleh organisasi tersebut,

“Yang akan kita kerjakan dalam waktu dekat usai rapat kerja nanti, yakni IJTI Goes to Kampus and School dalam rangka mewujudkan literasi, termasuk memperkenalkan kepada para mahasiswa dan pelajar, tentang dunia pertelevisian,”kata dia kepada wartawan, usai pelantikan pengurus IJTI Maluku.

Menurut dia, sejumlah sekolah menengah atas dan kampus yang ada di Kota Ambon, menjadi target dirinya, dalam membangun literasi tersebut.
“Untuk kampus saat ini mungkin IAIN, Ukim, kemudian Unpatti, sedangkan sekolah itukan banyak, makanya akan kita mulai. Kenapa yang diinginkan, kedepan organisasi ini harus jauh lebih baik lagi,”tuturnya.

Bukan saja untuk IJTI masuk kampus dan sekolah, melainkan lanjut dia, peningkatan SDM insan jurnalis televisi di Maluku, maupun ikut membangun Maluku melalui pemberitaan yang berimbang dan akurat.

“Anggota IJTI, yang belum mengikuti Uji kompetensi wartawan kedepan akan didorong untuk mengikuti uji kompetensi sehingga lebih professional dalam melaksanakan tugas peliputan. Target kita seluruh anggota harus sudah ikuti,”jelas dia.

Sementara itu,  Sekjen IJTI Hendra Purnama mengatakan, tantangan sebagai jurnalis televisi sangatlah berat, karena itu jurnalis televisi di Maluku dituntut untuk dapat memyampaikan informasi ke publik secara benar, akurat dan kredibel.

“Kita harus akui bila tantangan tugas jurnalis televisi kedepan sebagai berat sesuai dengan tuntutan zaman yang ada, sehingga  kita harus lebih profesional lagi,”kata dia dalam memberikan sambutan dalam pelaksanaan pelantikan pengurus IJTI tersebut.

Untuk itu Hendra meminta, kepada IJTI Maluku, agar selalu memberikan kontribusi yang baik bagi pembangunan dan kemajuan daerah, lewat pemberitaan media televisi.,“Kami berharap IJTI Maluku memainkan peranan sebagai pihak yang menyajikan berita yang akurat, sesuai fakta, sehingga mencegah adanya berita hoax dari Maluku,”pesan dia.

Untuk diketahui, komposisi pengurus IJTI Maluku, Ketua Juhri Samanery (SCTV), Wakil Ketua Hamdi Jempot (Metro TV) Ketua, Sekretaris Rislan Balseran (TV One), dan Cristin Sipahelut (TVRI), serta sejumlah ketua bidang.

Sementara untuk kompoisisi dewan Pembina IJTI Maluku, terdiri dari Ketua Dewan Pembina, Sahlan Heluth (SCTV), Sekretaris Jabar Tianotak (Indosiar) dan Wahyudi Wirahadi Sanaky sebagai anggota.
(AHA)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!