Mahasiswa ITB Ciptakan Mesin Pendeteksi Hoax – Ambon Ekspres
Trending

Mahasiswa ITB Ciptakan Mesin Pendeteksi Hoax

AMEKS ONLINE, AMBON–Berita hoax atau berita bohong makin meresahkan masyarakat. Kasus terakhir yang viral di medsos adalah berita
bohong mengenai meninggalnya mantan Presiden B.J. Habibie. Tiga mahasiswa ITB menciptakan mensin pendeteksi berita abal-abal itu.

SENJA beranjak gelap saat Adinda Budi Kusuma Putra mengabarkan baru keluar dari kantor perwakilan Microsoft di Sudirman Central Business Distric (SCBD), Jakarta, Selasa lalu (18/4). Adi –panggilan Adinda– bersama dua rekannya, Tifani Warnita dan Feryandi Nurdiantoro, memang sempat seminggu ’’berkantor’’ di perusahaan teknologi informasi asal Amerika Serikat itu. Mereka sedang menimba ilmu dari para engineer untuk mengembangkan situs Hoax Anlyzer.com karya mereka.

Tak heran bila saat ditemui petang itu, mereka tampak kelelahan. Seharian mereka berkutat dengan program-program pengembangan situs penganalisis berita yang telah mereka ciptakan dan butuh penyempurnaan.
Fery lantas mengeluarkan laptop untuk menunjukkan situs karya mereka. Dia lalu mengetik alamat situs tersebut dan sejurus kemudian tampaklah di layar laptop. Adi mengikuti dengan menunjukkan tampilan situs itu di layar ponsel. Ada kotak khusus untuk memasukkan teks info yang ingin dicari seperti yang terdapat di mesin pencari Google, Bing, atau Yahoo!. ”Hanya perlu memasukkan informasi yang ingin dicek. Lalu klik, keluarlah hasilnya, hoax atau fact,” ujar Adi.

Prev1 of 6

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!