Biaya Pengobatan Mahal, Warga Mengeluh – Ambon Ekspres
Kesehatan

Biaya Pengobatan Mahal, Warga Mengeluh

AMEKS ONLINE.—Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kobi Mukti Kecamatan Seram Utara Timur Kobi Kabupaten Maluku Tengah, kembali mendapat sorotan dari masyarakat. Pasalnya para petugas medis dan pelayanan di Puskesmas terkesan kurang menyenangkan Pasien.

Burhanudin Fabanyo, keluarga pasien kepada Ambon Ekspres, Kamis (27/4) mengaku sangat kecewa dengan pelayanan di Puskesmas Kobi Mukti. Soalnya, adik sepupu Natsir Sukidjan (39) pasien warga Desa Kobi yang mengalami infeksi penyakit tetanus (TT) saat itu dirujuk ke Puskesmas tersebut, Kamis (13/4).

Selama mendapatkan perawatan selama tiga jam, Natsir dikembalikan ke rumahnya. Namun, dia membayar Rp1,6 juta untuk pelayanan yang menurut dia tidak sesuai.
Padahal, dia sudah memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang merupakan program pemerintah pusat untuk warga tidak mampu.

“Pasien sudah memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS). Semestinya diberikan keringanan untuk biaya berobat sebagaimana yang dimaksud sesuai misi pemerintah untuk meringankan masyarakat ekonomi lemah terhadap pembiayaan di rumah sakit/puskesmas,” ungkapnya.

Menurut Burhanudin, ada beberapa warga/pasien sebelumnya yang juga mengeluhkan besarya biaya pengobatan di Puskesmas tersebut. “Jadi ada perlakuan yang sama yang di lakukan terhadap pasien sebelumnya untuk membayar biaya perobatan yang mahal, padahal pasien tidak puas terhadap pelayanan Medis Puskemas tersebut, ini kan pasien dirugikan, “Tegasnya.

Olehnya itu, dia berharap Pemerintah Daerah dan Dinas Kesehatan mengevaluasi kinerja petugas medis, sehingga ke depan pelayanan kesehatan di Puskesmas itu ditingkatkan.

“Kami benar-benar kecewa, pasien hanya mendapat perawatan tidak sampai nginap kok disuruh membayar biaya semahal itu. Permasalahan ini harus disikapi oleh pemda, khususnya dinas kesehatan kabupaten,” tutupnya. (SDN).

Most Popular

To Top