Legislator Minta Traffic Light Difungsikan 24 Jam – Ambon Ekspres
Amboina

Legislator Minta Traffic Light Difungsikan 24 Jam

AMEKS ONLINE.—Komisi III DPRD Ambon meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon untuk segera memfungsikan lampu pengatur lalu lintas (traffic light) selama 24 jam. Ini agar masyarakat Kota Ambon, khususnya pengendara tidak dirugikan.

Sejak traffic light difungsikan akhir tahun 2016, kondisi lalulintas di Kota Ambon mulai membaik. Namun fungsi traffic light hanya bersifat sementara untuk melayani arus lalulintas kendaraan. Karena traffic light hanya dinyalakan sejak aktivitas di pagi hari hingga memasuki pukul 22.00 WIT.

Selanjutnya, kondisi traffic light tidak lagi berfungsi secara normal. Artinya, hanya lampu bewarna kuning yang berfungsi hingga matahari terbit. Baru difungsikan kembali seperti biasa. Dan selanjutnya masih tetap seperti itu.
Untuk itu, komisi III DPRD Ambon mengharapkan adanya koordinasi antar dishub kota dengan provinsi. Sehingga traffic light dapat berfungsi dengan baik yakni 24 jam untuk melayani masyarakat Kota Ambon.

“Kami sangat berharap, ada koordinasi yang dilakukan antar dishub kota dengan provinsi. Sehingga ada kebijakan yang dilakukan untuk menyalakan traffic light selama 24 jam demi melayani masyarakat Ambon khususnya kendaraan. Karena saat ini, kondisi traffic light hanya bisa berfungsi dari pagi hingga pukul 22.00 WIT,” pinta Sekretaris Komisi III DPRD Ambon, Juliana Pattipeilohy ketika dikonfirmasi Ambon Ekspres, kemarin.

Dikatakan, masyarakat sangat terganggu ketika kondisi traffic light sudah tidak berfungsi secara  normal. Pasalnya, dengan kondisi tersebut dapat memicu terjadinya kecelakaan lalulintas di malam hari.

“Informasi yang saya dapat itu, memang sering terjadi kecelakaan karena traffic light tidak berfungsi. Dan memang belum ada korban jiwa. Tapi apa mau menunggu sampai ada korban jiwa dulu? Makanya ini harus menjadi perhatian serius dari pemerintah lewat dinas terkait,” harap politisi PKPI ini.

Terpisah, anggota komisi III DPRD Ambon, Taha Abubakar menambahkan, Kota Ambon sudah mulai kondusif. Sehingga banyak aktivitas hingga larut malam yang terjadi di pusat kota. Namun hal tersebut, kata dia, harus didukung dengan difungsikannya traffic light selama 24 jam. Karena jika tidak difungsikan, tentunya akan menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.

“Jika pukul 10 malam sudah dimatikan, tentu aktivitas kendaraan tidak berjalan dengan baik. Apalagi  di saat jam-jam seperti itu, masih banyak aktivitas masyarakat. Sehingga membutuhkan salah satu pelayanan traffic light untuk membantu lalulintas berjalan dengan baik. Maka harus 24 jam di fungsikan,” singkat Taha. (ISL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!