Tahuri Alat Musik Tardisional Dari Dasar Laut – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Tahuri Alat Musik Tardisional Dari Dasar Laut

AMEKS ONLINE, AMBON–Tahuri merupakan salah satu alat musik tiup tradisional masyarakat Maluku yang menggunakan kulit bia atau kerang yang biasa ditemukan di dasar laut.

Kulit bia memiliki beragam ukuran. Semakin kecil ukurannya, semakin nyaring bunyinya. Sebaliknya, semakin besar ukurannya bunyi yang dihasilkan pun semakin rendah.
Hal tersebut seakan menegaskan identitas Provinsi Maluku sebagai provinsi kepulauan yang memiliki wilayah laut lebih besar dibanding wilayah daratan.

Pada masa lampau, Tahuri berfungsi sebagai alat komunikasi antara raja dan masyarakat, antara Raja dengan staf-staf negeri. Dengan adanya tahuri maka komunikasi di antara masyarakat desa akan terjalin dengan baik.
Contohnya, dapat dilihat dalam pemberitahuan/pengumuman yang diberikan oleh pesuruh desa. Sebelum mengumumkan pemberitahuan kepada masyarakat, pesuruh desa terlebih dahulu meniup tahuri.

Selain itu, peniupan tahuri juga dapat menjadi sebuah tanda tentang sebuah keadaan, seperti, perang, titah raja dan sebagainya. Bahkan, hampir seluruh tata cara adat yang dilakukan masyarakat menggunakan tahuri sebagai pembukaan atau penutup.
Hingga saat ini, keberadaan dan kegunaan alat musik tersebut masih digunakan oleh sejumah negeri di Maluku pada pelaksanaan tata cara adat. (ADI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!