AT Optimis Petahana Menang – Ambon Ekspres
Berita Utama

AT Optimis Petahana Menang

Karikatur Said Assagaff

AMEKS ONLINE.– Mantan Bupati Maluku Tengah dua periode sekaligus ketua tim pemenangan Said Assagaff, Abdullah Tuasikal (AT) angkat bicara soal pemilihan Gubernur Maluku 2018. Menurut AT, sejumlah bakal calon gubernur yang muncul saat ini sulit menandingi Assagaff selaku petahana.

AT kepada wartawan di pelataran Masjid Raya Al-Fatah seusai sholat Jumat (28/4) mengatakan, figur seperti Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulissa, mantan Bupati Maluku Tenggara Herman Adrian Koedoeboen dan mantan Bupati Seram Bagian Timur, Abdullah Vanath bukan ancaman bagi Assagaff. Hanya Herman yang menurut dia, masih punya kekuatan dan peluang.

Kekuatan Herman, jelas AT, karena Jaksa Agung Muda Pengawasan (JAM WAS) di Kejaksaan Agung (Kejagung) RI itu pernah bertarung di Pilgub Maluku 2013 dan memiliki electoral yang baik. Namun, perlu ditopang oleh tingkat elektabilitas calon wakilnya.  “Kalau Pak Herman, memang pernah memiliki referensi. Dan kalau beliau maju, boleh saja termasuk kuat. Cuman wakilnya itu yang mana dulu,” ujar AT.

Saat ini nama Vanath mencuat sebagai bakal calon wakil gubernur untuk Herman. Beberapa kalangan menilai, jika mereka berpasangan, HAK-AV cukup kuat dan berpotensi mengalahkan petahana.

Salah satu indikator kuat sekaligus menjadi landasan penilaian itu, adalah karena Vanath merupakan mantan calon gubernur yang memperoleh suara terbanyak kedua, yakni 383.705 atau 49,6 persen. Sementara pasangan Said Assagaff–Zeth Sahuburua, pemenangan pilgub, memperoleh 389.884 suara atau 50,4 persen.

Prev1 of 4

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!