Deden Juhara Resmi Kapolda Maluku – Ambon Ekspres
Berita Utama

Deden Juhara Resmi Kapolda Maluku

Deden Juhara

AMEKS ONLINE.–Jajaran elite Polri resmi berubah Jumat (28/4). Ini setelah Kapolri Jenderal Tito Karnavian melantik Kepala Divisi Humas Polri dan enam kapolda baru. Termasuk diantaranya Kapolda Maluku yang dijabat Irjen Polisi Deden Juhara. Dia menggantikan Brigjen Polisi Ilham Salahudin yang dilantik sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Selain itu jabatan Kadiv Humas Polri tidak lagi diemban Irjen Boy Rafli Amar, setelah diserahkan kepada Irjen Setyo Wasisto yang sebelumnya Wakil Kepala Badan Intelkam (Wakabaintelkam). Lantas Boy Rafli dipromosi sebagai Kapolda Papua menggantikan Irjen Paulus Waterpauw.

Perwira tinggi lainnya yang dilantik Tito yakni, Kapolda Bengkulu dari Brigjen Yovianes Mahar kepada Brigjen Coki Manurung. Ada juga Kapolda Jambi dari Brigjen Yazid Fanani kepada Brigjen Priyo Widyanto.
Jabatan Kapolda Kalimantan Barat yang dulunya dipimpin Irjen Musyafak selanjutnya dijabat Brigjen Erwin Triwanto dan Kapolda Kalimantan Selatan dari Brigjen Erwin Triwanto kepada Brigjen Rachmat Mulyana.
Pelantikan para kapolda dan kadiv humas tersebut juga dihadiri Wakapolri Komjen Syarfuddin dan Irwasum Komjen Dwi Prayitno, serta para pejabat teras Mabes Polri lainnya.

Para pejabat yang dilantik ini lantas melakukan penandatanganan integritas dihadapan Kapolri. Mereka juga telah diambil sumpah jabatan. Sertijab ini diketahui untuk menindaklanjuti mutasi yang tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1034/IV/2017 ter tanggal 18 April 2017.

“Tadi pagi (kemarin), sekitar pukul 07.30 WIB, serahterima jabatan Kabiv Humas, Kapolda Maluku dan sejumlah perwira tinggi termasuk sejumlah kapolda berlangsung di Rupatama Mabes Polri,” kata Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Abner Richard Tatuh, saat dihubungi koran ini, Jumat (28/4) kemarin.

Kapolri, kata Tatuh meminta kepada para kapolda yang baru diserah terima jabatan tersebut, agar tidak hanya sebagai pengawas, penindak dan supervisi ditempat tugasnya. Namun juga bertindak sebagai pembina bagi para anggotanya. ”Kapolri mengatakan untuk para kapolda agar sering melakukan pelatihan atau drill di lapangan untuk menjalankan diskresi. Sehingga para anggota memiliki kemampuan diskresi yang baik dan tidak melakukan tindakan secara berlebihan saat melaksanakan tugas dilapangan,“ jelas juru bicara Polda Maluku ini, menirukan penyampaian Kapolri.

Dikatakan, tindakan diskresi yang tepat dilakukan untuk menjaga kepentingan umum, keselamatan petugas dan anggota masyarakat. “Nah yang disampaikan oleh kapolri itu, termasuk juga agar para kapolda yang baru segera menyesuaikan diri dengan lingkungan disetiap tempat tugas mereka yang baru. Kemudian utamakan dalam menjaga situasi dan kondisi keamanan yang ada,” tutup dia.
(JPNN/AHA)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!