Telkomsel, Dengerin Nih Saran dari Pakar IT – Ambon Ekspres
Teknologi

Telkomsel, Dengerin Nih Saran dari Pakar IT

AMEKS ONLINE – Insiden peretasan situs yang dilakukan hacker Jumat (27/4) lalu harus dijadikan momentum berbenah bagi Telkomsel. Sebagai operator terbesar di Indonesia, Telkomsel wajib mendengarkan aspirasi para pelanggan.

Menurut Pakar Telekomunikasi STMIK Handayani Makassar, Kamaluddin mengatakan, apa yang dilakukan Si Peretas bagian dari aspirasi seorang konsumen. Sebab, dia menuntut adanya kejelasan ihwal mahalnya tarif kuota internet Telkomsel.

“Kami rasa ini momen untuk berbenah ya, baik di sisi keamanan maupun juga penerapan tarif ke pelanggan sehingga tidak perlu terjadi lagi di masa depan,” ujar pengamat telekomunikasi STMIK Handayani Makassar, Kamaruddin dalam keterangan resminya kepada wartawan, Minggu (30/4).

Protes itu, kata dia, mewakili suara masyarakat yang terpendam akan mahalnya layanan operator yang bersangkutan. Dengan status sebagai perusahaan negara yang bertanggung jawab memeratakan akses teknologi informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia, tentu sudah wajar jika Telkomsel dituntut memberikan lebih baik dari yang lain.

“Mestinya ini jadi bahan introspeksi bagaimana memberikan tarif yang terjangkau bagi pelanggan. Tugas negara menyediakan akses internet dengan tarif terjangkau bagi masyarakat, apalagi dengan visi pemerintah di bidang TI pada 2020 nanti,” tegasnya.

Dijelaskan, saat ini masih terjadi ketimpangan akses data di Indonesia Timur. Seperti di Makassar dan di luar jawa yang terbatas dan hanya dikuasai operator dominan. Selain tarif internet yang mahal, juga minimnya layanan lain sehingga konsumen harus menerima apa yang ada bagaimanapun kondisinya.

“Dari kejadian ini operator dan regulator harus berkaca bahwa masih ada masalah di sini yang harus diselesaikan bersama,” sambungnya.

Prev1 of 2

Click to comment

Most Popular

To Top