Aksi Damai Hari Buruh – Ambon Ekspres
Amboina

Aksi Damai Hari Buruh

AMEKS ONLINE— Peringatan Hari Buruh Internasional pada Senin (1/5) diisi dengan unjuk rasa damai yang dilakukan Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI). Rangkaian aksi damai ini lebih sederhana. Pengunjuk rasa hanya berdiri satu titik. Mereka beraksi di depan Gong Perdamaian Dunia.

Sejumlah atribut demo dibawa mereka. Ada juga spanduk bertuliskan “Buruh Jangan Ditindas”. Puluhan anggota polisi dari Polres Ambon turut mengawal aksi para pendemo. ‘’Banyak mediasi yang telah dilakukan baik para wakil rakyat DPRD Provinsi, pemerintah daerah dan perusahan untuk memperjuangkan hak-hak karyawan yang menurut mereka karyawan telah “dikebiri” secara sepihak oleh penguasa. Namun pada kenyataanya masih saja hasilnya miris dan jauh dari harapan,” teriak salah satu orator.

Fahrun Roten, selaku kordinator lapangan aksi damai kepada Ambon Ekspres mengatakan, aksi ini guna memperjuangkan hak-hak buruh yang selama ini belum maksimal dalam konteks kesejahteraan. Kesejahteraan buruh harus ditingkatkan dan dilihat secara serius oleh pemerintah. “Kami menuntut kepada pemerintah Kota Ambon untuk memperhatikan kesejahtraan buruh dan keselamatan kaum buruh. Jangan kemudian jadikan kami para buruh sebagai budak di negeri sendiri,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, Pemkot Ambon maupun Pemprov Maluku selalu mengawasi perusahaan yang menggunakan tenaga kerja buruh agar keselamatan dan kesejahteraan mereka (buruh) terjamin. “Yang kami harapkan kepada pemerintah adalah perusahaan-perusahaan yang menggunakan sistem kontrak dengan buruh juga harus memperhatikan tingkat keselamatan dan kesejahtraan para pekerja buruh itu agar selalu diutamakan,” pinta dia.

Prev1 of 3

Most Popular

To Top