Pemprov Jamin Anggaran Pilgub Aman – Ambon Ekspres
Politik

Pemprov Jamin Anggaran Pilgub Aman

Ilustrasi Anggaran Pilkada

AMEKS ONLINE.—Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Hamin Bin Tahir memastikan, anggaran  pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2018 akan disiapkan. Sehingga, tahapan Pilgub yang dimulai pada September, tidak akan molor.

“Kan jadwalnya tahun 2018. Pertengahan 2017 prosesnya sudah mulai, dan proses itu (Pemilihan gubernur dan wakil gubernur red), akan berjalan sesuai dengan jadwalnya. Untuk anggarannya, nanti dibahas,” kata Hamin kepada Ambon Ekspres, Sabtu (29/4).

Hamin menjelaskan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinisi Maluku terlambat menyampaikan usulan anggaran ke pemprov, sehingga tidak ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017. Kebutuhan anggaran Pilgub akan dibahas dalam APBD Perubahan.

“Pengusulan itu setelah penetapan APBD. Jadi tidak mungkin dimasukkan lagi. Nanti perubahan baru kita sama-sama dengan KPUD, kita lihat rasionalisasi, baru dianggarkan dalam APBD perubahan itu,”jelas mantan Kepala Biro (Karo) Pemerintahan, Setda Provinsi Maluku itu.

KPUD Provinsi Maluku selaku penyelenggara, telah mengusulkan kebutuhan anggaran pilgub sejak September 2016 sebesar Rp 388 miliar. Setelah dirasionalisasi, berkurang menjadi Rp 285 miliar.
Anggaran ini sudah termasuk untuk KPU 11 kabupaten/kota di Maluku. Dengan rincian, Rp 99 miliar untuk tahapan di tahun 2017. Sisanya Rp 186 miliar digunakan untuk tahapan di 2018.

Hamin juga memastikan, anggaran Pilgub tidak akan bermasalah dan menyebabkan molornya tahapan. “Dan setelah itu saya kira tidak ada masalah. Yang pasti proses Pilgub berjalan sesuai jadwalnya,” kuncinya.  (AHA)

Most Popular

To Top