Sinyal Assagaff Untuk Rentanubun – Ambon Ekspres
Berita Utama

Sinyal Assagaff Untuk Rentanubun

AMEKS ONLINE— Said Assagaff mulai membuka sedikit kriteria calon wakil gubernur yang akan dia pilih untuk berpasangan dengannya pada Pilgub Maluku 2018. Diantaranya, adalah figur yang bisa bekerja dengan cepat dan mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

riteria, yang pasti bisa bekerja cepat. Yang bisa mempertahankan WTP di tahun-tahun yang akan datang,” kata Assagaff saat ditanya Ambon Ekspres mengenai kriteria bakal calon wakil gubernur, Sabtu (29/4) di rumah kopi Lela.
Bakal calon gubernur Maluku petahana itu enggan menyebut nama balon (bakal calon) wagub yang akan akan dia pilih. ”Kalau singgung itu, orang sudah tahu. Kenapa mereka tahu? Karena Bursel (Buru Selatan) itu masih disclaimer,” jelas Assagaff.

Assagaff mengaku, telah mengantongi empat nama bakal calon (balon) wakil gubernur. Keempat orang ini telah disurvei bersama sepuluh nama lainnya. Satu nama akan dipilih sebagai balon wagub pada November nanti. “Kan tinggal empat. Empat itu belum bisa saya sebut. November baru diumumkan nama calon wakil gubernur,” ujarnya.
Disinggung soal figur Herman Koedoeboen dan Abdullah Vanath yang disebut bakal berpasangan, Assagaff menilai, tidak menjadi masalah. Ketua DPD Partai Golkar Maluku itu justru menyilakan kedua figur maju di gelanggang pilgub. Tetapi, ia sangat yakin, masih memiliki kans untuk kembali memimpin Maluku. ”Silahkan. Ya coba saja. Dulu (Pilgub 2013), kan saya masih wagub. Jadi, silahkan,” tukasnya.

Pengamat politik Universitas Pattimura (Unpatti) Johan Tehuayo menilai, kriteria bisa mempertahankan WTP merujuk pada figur yang punya pengalaman dalam pengelolahan pemerintahan. Kriteria ini penting, agar bisa mempertahankan opini WTP yang telah diraih pemerintah provinsi tahun 2016 lalu.
Kemudian, menyangkut dengan akuntabilitas dan kapabilitas. Ini juga penting untuk menunjang kinerja gubernur. “Kalau wagub yang tidak berpengalaman, akan mempengaruhi kinerja pemerintahan dan pembangunan untuk periode mendatang. Kriteria ini penting,” kata Tehuayo, Senin (1/5).

Prev1 of 3

Click to comment

Most Popular

To Top