Kasus Cinnabar Mengendap di Polisi – Ambon Ekspres
Berita Utama

Kasus Cinnabar Mengendap di Polisi

SITA: Ratusan karung batuan cinnabar diamankan di Mapolres Ambon.

-Dari Sekian Kasus, Tanpa Tersangka

AMEKS ONLINE–   Bisnis bahan galian cinnabar makin marak dilakukan karena keuntungan yang menggiurkan. Akibatnya, walaupun melanggar hukum, namun praktik ini masih terus dilakukan. Ironisnya, penegakkan hukum dalam kasus ini juga dinilai masih lemah.

Penyeludupan cinnabar illegal keluar Maluku sudah lebih dari satu kali digagalkan aparat TNI dan Polri. Namun belum ada perkembangan signifikan dalam penanganan kasus ini. Terakhir, sebanyak 17 ton batuan cinnabar yang yang sudah dihaluskan hendak dibawa ke Kota Ambon disita aparat penegak hukum.

Penyitaan dilakukan di Dusun Waiputi, Desa Larike, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Batuan milik Manaf Kaliky ini dibawa dari Desa Luhu, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).
Tindaklanjut dari kasus ini, belum ada penetapan status hukum terhadap pemilik cinnabar yang sudah diketahui polisi. Polisi berdalih masih dalam proses penyelidikan. ”Saat dilakukan penyitaan, terduga pelaku (Manaf Kaliky) ada di dalam rumahnya. Kasus ini masih terus kita selidiki,” jelas Kasat Reskrim Polres Ambon, AKP Teddy, Rabu (3/5).

Prev1 of 4

Click to comment

Most Popular

To Top